Record Detail Back
Sentimen Analis Pilpres 2024 Media Sosial Twitter Menggunakan Naive Bayes Classifier
Pemilihan Umum (PEMILU) merupakan pesta demokrasi rakyat yang diselenggarakan 5 tahun sekali, pada pesta rakyat tersebut salah satunya ada Pemilihan Presiden. PEMILU 2024 sangatlah istimewa yakni terjadi pada era modern dan banyaknya pemilih pemula yang menjadi peserta pada pesta demokrasi tersebut. Data pada tahun 2022 menyatakan bahwa 191 juta jiwa masyarakat Indonesia sudah aktif dalam ber media sosial, seperti yang kita ketahui bahwa spotlight seluruh media sekarang berpindah menjadi media digital. Media digital pada saat ini menjadi tempat masif-nya para juru kampanye untuk mendongkrak elektabilitas calon yang diusung oleh partainya, mulai dari Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo. Hal tersebut memantik penulis untuk menganalisa nilai sentiment pada tweet yang terkumpul sejak awal hingga akhir 2022, penulis menganalisa menggunakan model machine learning naive bayes classifier dan melakukan penulisan pada python notebook, model mendapatkan akurasi sebesar 71,32%. Setelah melakukan modeling penulis mengevaluasi denan monte-carlo cross validation mendapatkan nilai rata rata dari 150 iterasi yakni 71,32% dan pengaplikasian web sederhana dengan library streamlit.
Muchammad Fahd Ishamuddin - Personal Name
005 ISH s
NONE
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2023
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Muchammad Fahd Ishamuddin. (2023).Sentimen Analis Pilpres 2024 Media Sosial Twitter Menggunakan Naive Bayes Classifier.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd