Dian Andriyana; " />
Record Detail Back

XML

Algoritma Perancangan Tebal Lapis Tambah Menggunakan Lapisan Aspal Pada Jalan Komposit Berdasarkan Standar Aashto 1993 (Guide For Design Of Pavement Structure)


Perancangan tebal lapis tambah (overlay) harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti beban lalu lintas, karakteristik tanah, kondisi eksisting perkerasan, dan rencana perubahan desain jalan. Prosedur perhitungan overlay ini biasanya dilakukan menggunakan metode perancangan perkerasan yang diakui secara teknis, seperti metode perhitungan AASHTO 1993 (Guide for Design of Pavement Structure). Penelitian yang dilakukan merupakan metode untuk menentukan algoritma perancangan tebal lapis tambah menggunakan lapisan aspal pada jalan komposit berdasarkan standar AASHTO 1993. Data yang digunakan dalam penelitian ini hanya menggunakan data sekunder. Nilai kumulatif beban lalu lintas yang digunakan sebesar 35,000,000 juta lalu dihitung menggunakan faktor distribusi lajur dan arah maka dihasilkan nilai w18 adalah 8,750,000 juta, maka hasil perhitungan tebal pelat untuk melayani lalu lintas masa depan (Df) adalah 9.22 inci atau 23.42 cm dan nilai tebal pelat efektif (Deff) adalah 7.05 inci atau 17.91 cm, Faktor A dari konversi ketebalan beton menjadi ketebalan aspal adalah 1.94 inci atau 4.92 cm, maka hasil tebal lapis tambah (Dol) adalah 4.21 inci atau 10.69 cm. Perancangan ini dipengaruhi oleh data lendutan Falling Weight Deflectometer (FWD) sehingga perhitungan tebal lapis tambah ini dianalisa setiap titik station (STA).
Dian Andriyana - Personal Name
624 AND a
NONE
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2023
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Dian Andriyana. (2023).Algoritma Perancangan Tebal Lapis Tambah Menggunakan Lapisan Aspal Pada Jalan Komposit Berdasarkan Standar Aashto 1993 (Guide For Design Of Pavement Structure).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd