Record Detail Back
Pengaruh Citra Merek Dagang Terhadap Keputusan Pembelian Merek Saka Dengan Metode Pls (Partial Least Square)
Dewasa ini banyak perusahaan berlomba-lomba untuk membuat produk pakaian yang berkualitas guna bersaing mendapatkan pangsa pasar dan mempertahankan loyalitas konsumen. Dalam hal ini perusahaan perlu memiliki keistimewaan atau keunikan pada produknya baik itu dari segi model, warna, dan bahan yang digunakan untuk memikat hati konsumen dan mengenalkan citra merek kepada masyarakat. Salah satu perusahaan lokal yang bergerak dalam bidang industri pakaian adalah CV Anr yang berlokasi di daerah Bandung, Jawa Barat. Perusahaan ini membuat produk pakaian olahraga dengan merek Saka. Berdasarkan data tahun 2023 penjualan produk merek Saka tidak sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Hal ini dikarenakan keputusan pembelian cenderung tidak stabil sehingga menyebabkan kinerja pemasaran berfluktuasi dari bulan ke bulan. Hal ini diduga karena keputusan pembelian oleh konsumen salah satunya dipengaruhi oleh citra merek perusahaan. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui indikator-indikator citra merek yang dapat mempengaruhi kinerja pemasaran produk merek Saka menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa indikator citra merek yang dapat mempengaruhi kinerja pemasaran yaitu indikator brand identity, brand personality, dan brand association, hal ini dibuktikan dengan nilai t-statistik dan nilai probabilitas yang dihasilkan memenuhi kriteria. Dari ketiga indikator tersebut yang paling dominan mempengaruhi kinerja pemasaran adalah indikator brand identity. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi indikator brand identity lebih besar daripada indikator lainnya yaitu sebesar 0.471, artinya jika variabel brand identity bertambah 1% maka keputusan pembelian akan mengalami kenaikan sebesar 47,1%.
Gita Rosiana - Personal Name
658 ROS p
NONE
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2024
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Gita Rosiana. (2024).Pengaruh Citra Merek Dagang Terhadap Keputusan Pembelian Merek Saka Dengan Metode Pls (Partial Least Square).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd