Record Detail Back
Analisis Nilai Kuat Tekan Beton Saluran Bawah (Tailrace) Berdasarkan Hasil Inspeksi Tailrace Kanan Bendungan Ir H. Djuanda Tahun 2021 Terhadap Keamanan Bendungan
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai kuat tekan beton saluran bawah (Tailrace) berdasarkan hasil inspeksi menggunakan Schmidt Hammer pada Tailrace kanan Bendungan Ir. H. Djuanda tahun 2021. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah Non Destructive Test (NDT) dengan Schmidt Hammer dan simulasi menggunakan perangkat lunak Plaxis 2D. Data yang dianalisis adalah mutu beton dari hasil pengujian pada berbagai ketinggian (00,5 m, 10,4 m, sampai dengan 18,0 m) pada dinding kanan dan kiri tailrace. Hasil pengujian menunjukkan bahwa mutu beton pada dinding tailrace masih dalam kondisi baik dengan nilai kuat tekan ratarata 37,47 Mpa. Simulasi dengan Plaxis 2D memberikan gambaran distribusi gaya axial, gaya geser, momen lentur, dan tegangan utama pada struktur beton. Tegangan paling besar adalah 1,075 Mpa, tegangan yang terjadi tidak melebihi kuat tekan beton. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa struktur beton tailrace masih cukup stabil dan aman. Namun, disarankan untuk melakukan analisis selain dengan data hammer test juga dilakukan uji Non Destructive Test lainnya yaitu dengan Ultrasonic Pulse Velocity dan pengambilan sampel beton inti (coring) untuk menentukan kekuatan tekan karakteristik beton secara lebih akurat
Vivik Arti Damayanti - Personal Name
624 DAM a
NONE
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2024
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Vivik Arti Damayanti. (2024).Analisis Nilai Kuat Tekan Beton Saluran Bawah (Tailrace) Berdasarkan Hasil Inspeksi Tailrace Kanan Bendungan Ir H. Djuanda Tahun 2021 Terhadap Keamanan Bendungan.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd