Binsar Marojahan Munthe; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Upaya Penyelesaian Wanprestasi Nasabah Atas Tagihan Kartu Kredit Bermasalah Pada PT. Bank ANZ Bandung


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penyelesaian wanprestasi nasabah atas tagihan kartu kredit macet yang dilakukan di PT Bank ANZ Bandung.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian empiris yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di PT Bank ANZ Bandung. jenis dan sumber data penelitian ini meliputi data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, penelitian kepustakaan dan studi lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan model interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan kesimpulan, penyelesaian wanprestasi nasabah atas tagihan kartu kredit macet dilakukan dengan penagihan melalui telepon. Proses penagihan ini dilakukan oleh karyawan Bank. Namun, apabila karyawan Bank menemukan kendala dalam penagihan lewat telepon dan jatuh tempo telah memenuhi kriteria macet, maka proses penagihan dilakukan oleh field collector. Field collector bertugas mencari dan menemukan nasabah untuk melakukan penagihan. Hambatan-hambatan yang dihadapi adalah, nasabah yang pindah tempat tinggal atau domisili, nasabah yang tidak mempunyai etikad baik dengan memeiliki ketidakmauan untuk membayar, nasabah yang tidak percaya kepada field collector, serta nasabah yang sedang kesulitan keuangan atau sudah tidak bekerja (PHK), cara mengatasi kartu kredit macet yaitu melakukan informasi BI checking, prinsip mengenal nasabah, bekerja sama dengan komunitas collection untuk tukar menukar informasi, meningkatkan mutu sumber daya manusia yang solid dalam bidang perkreditan, meningkatkan manajemen risiko, Rescheduling (penjadwalan kembali) atau Balance Discount (keringanan dari total tagihan) terhadap wanprestasi nasabah baik yang disebabkan karena faktor internal maupun eksternal, pengawasan dan laporan perkembangan penyesuaian Kartu Kredit.

Kata Kunci : Wanprestasi, Kartu Kredit, Field Collector.
Binsar Marojahan Munthe - Personal Name
51 658 MUN a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2017
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Binsar Marojahan Munthe. (2017).Analisis Upaya Penyelesaian Wanprestasi Nasabah Atas Tagihan Kartu Kredit Bermasalah Pada PT. Bank ANZ Bandung.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd