Raden Roro Dian Rahayu N.; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Overall Equipment Effectiveness pada Mesin Palet dan Upaya Perbaikan dengan Pendekatan Kaizen: Studi Kasus di PT. Khstex


PT. KHSTEX saat ini sedang menghadapi kendala pada kualitas produk kain grey yang tidak sesuai dengan standar yang diharapkan. hal ini dapat berdampak buruk pada perusahaan sehingga akan menyebabkan ongkos produksi meningkat, keuntungan menurun, dan loyalitas pelangganpun ikut menurun apabila kualitas produk tidak diperhatikan oleh perusahaan. Sehingga dibutuhkan suatu metode yang tepat untuk mencari akar permasalahan kecacatan pada kain grey. Metode yang digunakan untuk mengatasi kecacatan produk ini yaitu dengan metode fault tree analysis (FTA),dan failure mode and effect analysis (FMEA).

Pada penelitian sebelumnya di PT. KHSTEX dilakukan penelitian dengan metode FTA dan FMEA di dapatkan nilai RPN tertinggi pada proses palet sebesar 112 dan faktor paling dominan disebabkan oleh faktor manusia, lingkungan, dan mesin (sumber: Nawangsih, 2019) yang sangat berdampak buruk bagi perusahaan karena dapat mengganggu proses produksi kain grey, maka dari itu dibutuhkan penanganan dengan menghitung nilai efektivitas mesin dengan menggunakan metode Overall Equipment Effectiveness (OEE). Metode OEE bertujuan untuk mengetahui jenis six big losses apa yang paling dominan dalam mempengaruhi penurunan efektivitas mesin di proses produksi palet. Selanjutnya dilakukan usulan perbaikan dengan konsep kaizen 5S.

Dari perhitungan OEE tingkat efektivitas mesin palet menurut standart wordclass bisa dikatakan belum baik hal ini bisa dilihat dari perolehan nilai OEE dengan rata-rata persentase sebesar 71,8% dimana menurut standar word class dianggap efektif apabila berada diatas 85%, artinya kinerja dari mesin palet pada bulan september belum maksimal. Jenis Six Big Losses yang dominan pada mesin palet yaitu defect losses dan reduced speed losses. defect losses memiliki nilai sebesar 11,49% dan persentase terhadap losses lain yaitu sebesar 84,29%. Sedangkan reduce speed losses memiliki nilai sebesar 13,79 % dan persentase terhadap losses lain sebesar 45,97%.

Kata kunci : big six losses, Overall Equipment Effectiveness, defect, kaizen 5S.
93 658 RAH a
600
Text
Indonesia
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Raden Roro Dian Rahayu N.. (2019).Analisis Overall Equipment Effectiveness pada Mesin Palet dan Upaya Perbaikan dengan Pendekatan Kaizen: Studi Kasus di PT. Khstex.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd