Ridwan Mulyana; " />
Record Detail Back

XML

Perancangan Alat Bantu untuk Proses Pemasangan Bearing pada Batu Gerinda/Toishi Mizo (Studi Kasus: PT. X)


PT X sebagai perusahaan yang bergerak dalam dunia industri manufaktur yang memproduksi komponen sepeda motor dan mobil. Dengan semakin ketatnya persaingan saat ini maka PT X melakukan perbaikan yang berkelanjutan (continous improvement) di semua divisi yang ada. Salah satunya adalah dengan fokus pada setiap proses yang ada pada setiap lini produksinya, sehingga dapat mengirim produk sesuai dengan kualitas dan kuantitas yang diinginkan oleh proses berikutnya (next proses). Berbagai macam cara dilakukan untuk mencapai tujuan diatas, salah satunya dengan memperbaiki alat bantu (jig) untuk proses yang ada di setiap lini produksi agar dapat mengurangi waktu setting akibat ganti model/tipe, mengurangi reject yang terjadi, bahkan dengan merancang alat bantu (jig) untuk proses tersebut agar bisa dipakai untuk semua tipe.

Langkah pertama dalam penelitian ini adalah pengumpulan data. Data yang dikumpulkan adalah data QFD dengan penyebaran kuesioner kepada karyawan stasiun kerja uchimizo dan data antropometri. Data antropometri yang dibutuhkan adalah Lebar telapak tangan (Ltt). Langkah selanjutnya adalah pengolahan data QFD yang meliputi pengujian kecukupan data, uji validitas dan reliabilitas. Pengolahan data antropometri yang meliputi pengujian kecukupan data, pengujian kenormalan data, pengujian keseragaman data, perhitungan persentil, gambar hasil rancangan. Langkah terakhir adalah analisis terhadap hasil rancangan.

Hasil perancangan alat pemasangan bearing pada batu gerinda/toishi mizo berdasarkan data antropometri adalah sepasang alat bantu yang terdiri dari alat bantu bagian atas dan alat bantu bagian bawah. Semua komponen alat bantu dirancang satu set, sehingga proses pemasangan dalam penggunaannya lebih nyaman dan mudah digunakan.

Dilihat dari segi ukuran alat pemasangan bearing pada batu gerinda/toishi mizo ukuran ᴓ 41 mm disesuaikan dengan ukuran diameter batu gerinda/toishi mizo. Untuk ukuran diameter batu gerinda yaitu ᴓ 41 mm tipe DN dan ᴓ 37 mm untuk tipe DR. Ukuran ᴓ 17 mm disesuaikan dengan ukuran diameter bearing. Ukuran panjang ulir M6x30 mm disesuaikan dengan dua kali tinggi batu gerinda yaitu 15 mm. Ulir yang digunakan adalah ulir kasar, karena keperluan secara umum seperti pemasangan baut dan mur untuk keadaan biasa/getaran kecil. Ukuran 110 mm disesuaikan dengan data antropometri Lebar telapak tangan (Ltt) yaitu 11 cm
= 110 mm.

Kata kunci :Alat bantu (jig), Perancangan,QFD,antropometri
Ridwan Mulyana - Personal Name
85 658 MUL p
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Ridwan Mulyana. (2019).Perancangan Alat Bantu untuk Proses Pemasangan Bearing pada Batu Gerinda/Toishi Mizo (Studi Kasus: PT. X).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd