Rizky Maulana Abdul Rahman; " />
Record Detail Back

XML

Penerapan Analisis SWOT dan Matriks BCG untuk Menentukan Strategi Pemasaran di Bengkel Senapan Angin Siliwangi Sport


Perkembangan usaha senapan angin memiliki peminat yang sangat banyak dikarenakan dapat memberikan prospek yang baik untuk ke depannya, tidak hanya pesaing lama tetapi banyak pesaing baru yang memulai usaha senapan angin. Hal ini dikarenakan usaha senapan angin memiliki pangsa pasar yang sangat luas dan pertumbuhan penjualannya semakin meningkat dari tahun ke tahun nya. Oleh karena itu bengkel Siliwangi Sport perlu meningkatkan volume penjualannya agar perusahaan bengkel Siliwangi Sport dapat betahan, berkembang dan meluas pemasarannya pada masa yang akan datang. Dalam penyusunan strategi ini metode yang digunakan adalah matriks BCG (Boston Consulting Group) dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil dari matriks BCG pada tahun 2018 arah grafik suatu produk senapan angin jenis Bocap dan Mouser berada pada kuadran Stars sedangkan senapan angin jenis Marauder berada pada kuadran cash cows maka perusahaan harus mampu mempertahankannya dan melakukan alternatif strategi integrasi horizontal, integrasi kedepan, integrasi kebelakang, penetrasi pasar dan melakukan pengembangan produk untuk mempertahankan pangsa pasarnya dan meningkatkan pertumbuhan produk . Semua produk yang mengalami kenaikan dan penurunan grafik perlu untuk di analisis strategi menggunakan matriks SWOT. Hasil dari analisis SWOT untuk jenis senapan angin Bocap harus mempertahankan kualitas produk dan melakukan kerja sama dengan benngkel lain yang memiliki mesin CNC (Control Numerik Computer), untuk senapan angin Marauder harus dilakukan diversifikasi produk dengan melakukan inovasi misalnya mempunyai desain terbaru dan meningkatkan produksinya, sedangkan untuk senapan angin Mouser harus mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya dengan memperbaiki proses pemberian warna pada popor senapan, meningkatkan tenaga kerja ahli dan melakukan upaya pemasaran yang berbasis e-commerce.

Kata Kunci: Strategi Perusahaan, Metode BCG, Matriks SWOT
88 658 RAH p
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Rizky Maulana Abdul Rahman. (2019).Penerapan Analisis SWOT dan Matriks BCG untuk Menentukan Strategi Pemasaran di Bengkel Senapan Angin Siliwangi Sport.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd