Sigit Arif Munandar; " />
Record Detail Back

XML

Perancangan dan Pembangunan Sistem Pendaftaran Online yang Terintegrasi dengan Sistem Manajemen Rumah Sakit RSUD Mangusada Menggunakan Metode Enterprise Service Bus (Horizontal Integration)


Rumah sakit merupakan penyedia jasa layanan kesehatan yang diharuskan melayani pasien dengan cepat dan tepat. Kecepatan dalam melayani sangat berpengaruh terhadap kepentingan pasien, oleh karena itu diperlukan suatu solusi untuk pasien dan pihak rumah sakit agar mempercepat proses pelayanan terutama pada saat melakukan pendaftaran. Solusi ini diharuskan mempermudah pasien maupun pihak rumah sakit dalam melakukan proses pendaftaran. Rumah Sakit Mangusada sudah mempunyai Sistem Manajemen Rumah Sakit yang digunakan untuk mengelola informasi terkait rumah sakit seperti pegawai dokter, poliklinik dan jadwal dokter. Namun pasien harus melakukan pendaftaran secara langsung di loket pendaftaan rumah sakit tersebut. Dari masalah tersebut diberikan solusi dengan menggunakan metode Enterprise Service Bus (ESB) yaitu membuat suatu layer baru (suatu sistem baru) Sistem Pendaftaran Online yang terintegrasi dengan Sistem Manajemen Rumah Sakit yang sudah tersedia di Rumah Sakit Mangusada. Dengan sistem baru ini pasien tidak perlu hadir ke rumah sakit untuk melakukan pendaftaran, pasien bisa melakukan pendaftaran secara online dimanapun dan kapanpun. Integrasi yang digunakan adalah dengan cara siknronisasi secara langsung (synchronous) dan sinkronisasi secara tidak langsung (asynchronous). Data yang diintegrasikan antar dua sistem ini adalah pasien, dokter, poliklinik dan jadwal dokter. Dengan dibuatkannya Sistem Pendaftaran Online yang terintegrasi dengan Sistem Manajemen Rumah Sakit Mangusada ini diharapkan mampu menyelesaikan masalah pendaftaran yang ada di Rumah Sakit Mangusada.
Sigit Arif Munandar - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Sigit Arif Munandar. (2019).Perancangan dan Pembangunan Sistem Pendaftaran Online yang Terintegrasi dengan Sistem Manajemen Rumah Sakit RSUD Mangusada Menggunakan Metode Enterprise Service Bus (Horizontal Integration).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd