Kurnia Misbah; " />
Record Detail Back

XML

Perbandingan Metoda Fast Track Dengan Metoda Konvensional Untuk Pengendalian Biaya (Cost Control) (Study Kasus : Proyek Gedung Komposit PT. Internal Tekstil Grup - Bale Endah Kota Bandung)


Metode pelaksanaan pada proyek konstruksi umumnya menggunakan suatu metode pelaksanaan yang dapat dilakukan bersama-sama dengan proses desain. Pada proyek ini diterapkan metode fast track. Metode fast track adalah metode percepatan dalam pembangunan dengan melakukan pelaksanaan aktivitas-aktivitas secara parallel/tumpang tindih pada penjadwalan proyek agar menghasilkan waktu pelaksanaan lebih cepat dan biaya lebih efisien.
Proyek pembangunan Proyek Gedung Komposit PT. Internal Tekstil Grup – Bale Endah Kota Bandung dipilih sebagai studi kasus karena mengandung konsep design and build pada pelaksanaan proyek konstruksinya. Data penelitian ini menggunakan data sekunder pada proyek yaitu : Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan penjadwalan awal proyek (time schedule).
Dari data tersebut, kemudian metode fast track diterapkan agar dapat mereduksi biaya dan waktu pelaksanaan proyek. Diawali dengan penyusunan penjadwalan pada microsoft project 2016 dengan menyusun setiap item kegiatan untuk menentukan lintasan kritis dari setiap item pekerjaan tersebut selanjutnya menganalisis dengan menerapkan ketentuan-ketentuan metode fast track hingga mencapai lintasan kritis yang jenuh atau tidak dapat dilakukan fast track lagi.
Hasil analisis membuktikan bahwa penerapan metode fast track dapat memperkecil resiko pembengkakan biaya serta dapat memberikan keuntungan berupa penghematan waktu selama 41 hari atau 11% dari waktu pelaksanaan proyek semula (364 hari menjadi 323 hari). Sedangkan pada biaya tidak langsung juga terjadi penghematan (efisiensi) sebesar Rp. 253,614,083.05 atau sekitar 0.540 % dari biaya proyek awal.

Kata kunci : Biaya, Waktu, Design and build, Fast track, Lintasan kritis
Kurnia Misbah - Personal Name
87 624 MIS p
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2018
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Kurnia Misbah. (2018).Perbandingan Metoda Fast Track Dengan Metoda Konvensional Untuk Pengendalian Biaya (Cost Control) (Study Kasus : Proyek Gedung Komposit PT. Internal Tekstil Grup - Bale Endah Kota Bandung).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd