Imam Nur Hakim; " />
Record Detail Back

XML

Analisi Faktor Penyebab terjadinya Banjir Cileuncang Beserta Penanganan Teknisynya di Jalan Raya Gading Tutuka Kabupaten Bandung


ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA BANJIR CILEUNCANG BESERTA PENANGANAN TEKNISNYA DI JALAN RAYA GADING TUTUKA KABUPATEN BANDUNG, Imam Nur Hakim, 41155020140040, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Langlangbuana.
Banjir yang terjadi di jalan Raya Gading Tutuka dikarenakan sistem drainase yang berfingsi untuk menampung genangan tidak mampu menampung debit air yang mengalir, hal ini di sebabkan oleh kapasitas sistem drainase yang menurun dan debit aliran air yang meningkat.
Metode analisis data yang dipakai adalah dengan menggunakan analisis hidrologi. Analisis distribusi curah hujan dilakukan dengan distribusi Normal, Log Normal, Log Pearson III dan Gumbel. Hasil curah hujan yang memenuhi syarat adalah distribusi Log Pearson III dengan nilai curah hujan per 5 tahun sebesar 63,23 m^3/detik. Perhitungan selanjutnya menggunakan hasil dari perhitungan curah hijan dengan menggunakan Log Pearson III.
Hasil penelitian didapatkan debit banjir rencana dengan menggunakan metode Rasional sebesar 8,85 m^3/detik dengan periode ulang 5 tahun sedangkan kapasitas daya tampung gorong-gorong di lokasi didapatkan hasil sebesar 0,240 m^3/detik sehingga debit banjir rencana lebih besar dari daya tampung gorong-gorong di lokasi, dalam hal ini saluran tersebut tidak mampu menampung debit yang ada sehingga perlu mendimensi ulang. Didapat dimensi yang baru dengan lebar saluran (B) 1,70 m dan tinggi saluran (H) 1,70 m. Selain itu permasalahan banjir juga dikarenakan beberapa faktor yaitu banyaknya sampah, sedimentasi dan kurangnya kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan di lingkungan tersebut.


Kata kunci : Banjir, Hidrologi, Saluran, Debit
Imam Nur Hakim - Personal Name
96 624 HAK a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Imam Nur Hakim. (2019).Analisi Faktor Penyebab terjadinya Banjir Cileuncang Beserta Penanganan Teknisynya di Jalan Raya Gading Tutuka Kabupaten Bandung.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd