Tommy Banuara Sugiharto; " />
Record Detail Back

XML

Perancangan Geometrik Jalan Rel Kereta Api Lintas Bandung-Dayeuhkolot


Transportasi merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan aktifitas manusia, dengan adanya transportasi yang cepat akan berdampak pada waktu dan biaya yang murah. Jalur penghubung Kota Bandung dan Kabupaten Bandung sampai saat ini selalu terkendala oleh kemacetan dan banjir. Maka daripada itu perlu dirancang suatu transportasi baru yang mampu mengatasi masalah tersebut salah satunya transportasi kereta api. Dalam penulisan ini akan dibahas mengenai perancangan geometrik jalan rel dan pemilihan trase jalur rel menggunakan metoda Analytical Heararki Process jalur rel kereta api lintas Bandung-Dayeuhkolot. Perancangan geometrik jalan rel trase terpilih mengacu pada buku Peraturan dinas nomor 10 tahun 1986 dan Peraturan menteri perhubungan no. 60 tahun 2012 serta beberapa buku referensi yang menunjang perhitungan. Setelah melakukan survey dapat diambil kesimpulan bahwa dengan beberapa kriteria dan subkriteria yang telah ditentukan pada masing-masing jalur maka terpilihlah trase B yaitu jalur rel kereta api lintas Cikudapateuh-Dayeuhkolot dengan total point sebesar 239.36. Dalam perhitungan geometrik jalan rel, direncanakan untuk Jalan rel kelas III dengan kecepatan rencana lengkung 70 km/jam. Beban gandar yang digunakan 18 ton dengan lebar sepur yang digunakan 1067 mm, tipe rel R 54. Penambat rel menggunakan penambat elastis ganda dan jenis bantalan yang digunakan merupakan bantalan tipe beton. Perhitungan alinyemen horizontal menggunakan 3 ukuran jari-jari lengkung yang berbeda, yaitu sebesar 300 meter, 400 meter dan untuk jari- jari 810 meter tanpa adanya lengkung peralihan. Untuk alinyemen vertikal terdapat 8 buah lengkung vertikal dengan jari-jari 6000 meter dengan desain 5 lengkung menurun dengan keturunan maksimal -15.007 ‰ dan 1 lengkung menanjak dengan tanjakan maksimal 11.976 ‰ dengan perjalanan kereta api minimum sebanyak 31 perjalanan.Perkiraan Rencana anggaran biaya pembangunan trek rel kereta api Bandung-Dayeuhkolot sebesar Rp 936.090.762.835,00 rata-rata per kilometernya membutuhkan biaya sekitar Rp105,772,967,551.98.

Kata Kunci : Transportasi,Pemilihan Trase,Geometrik jalan rel
Tommy Banuara Sugiharto - Personal Name
101 624 SUG p
600
Text
Indonesia
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Tommy Banuara Sugiharto. (2019).Perancangan Geometrik Jalan Rel Kereta Api Lintas Bandung-Dayeuhkolot.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd