Resty Aprilyanti Rudiawan; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Risiko Kerja Serta Usulan Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proses Kerja Kontraktor Pengadaan Air Conditioner (AC)


PT. X Bandung merupakan salah satu kontraktor bidang pengadaan barang dan jasa teknologi informasi, komunikasi dan elektrikal mekanikal yang banyak mengerjakan pengadaan AC skala kecil maupun besar. Dalam kurun waktu tahun
2017 hingga pertengahan tahun 2020 tercatat data kecelakaan sebanyak 48 kasus, tidak ada kasus kecelakaan yang menyebabkan hilangnya korban jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui risiko kerja, sebab akibat risiko dan besaran perkiraan kerugian jika terjadi kecelakaan kerja pada proses pemasangan AC khususnya jenis AC Split Duct.

Proses pemasangan AC Split Duct memiliki 10 tahapan kerja yang memiliki potensi bahaya pada setiap tahapan. Dari 10 tahapan kerja tersebut ada 4 (empat) risiko yang memiliki frekuensi kecelakaan tinggi dan dapat mengakibatkan kerugian, yaitu 80% dari total akibat kecelakaan. Risiko tersebut disebabkan oleh faktor manusia, metode, material, mesin/alat dan lingkungan. Selain itu, didapat juga 5 (lima) faktor kecelakaan dengan teori domino dari E. Bird dan Robert G. Loftus. Faktor ini tersusun seperti kartu domino yang diberdirikan. Jika satu kartu jatuh, maka akan menimpa kartu lain hingga kelimanya roboh secara bersama dan menimbulkan kerugian. Gambaran kisaran besaran kerugian yang harus ditanggung perusahaan dikelompokkan menjadi 2 (dua) yaitu biaya langsung dan biaya tidak langsung. Untuk mencegah kerugian dibuat usulan pengendalian dengan cara subtitusi, engineering control, administration control dan Personal Protective Equipment.

Kata kunci : Analisis Risiko Kerja, Diagram Pareto, Fishbone, Teori Domino, Teori Gunung Es, Hierarki Pengendalian.
112 658 RUD a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Resty Aprilyanti Rudiawan. (2020).Analisis Risiko Kerja Serta Usulan Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proses Kerja Kontraktor Pengadaan Air Conditioner (AC).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd