Betty Nur Qamarina; " />
Record Detail Back

XML

RANCANG BANGUN PENERANGAN JALAN UMUM HEMAT ENERGI UNTUK PERUMAHAN


Waktu Beban puncak pemakaian energi listrik pada umumnya berkisar antara jam 18.00 sampai dengan jam 22.00 waktu setempat, dan energi listrik tidak sedikit yang digunakan untuk lampu jalan yang diperlukan penggunaannya saat mulai sore sampai pagi hari sekitar 17.00 dan berakhir sampai pukul 06.00. Jumlah energi listrik yang digunakan dapat dikurangi dengan melakukan efisiensi penggunaan Lampu Penerang Jalan Umum menggunakan Rancang Bangun Penerangan Jalan Umum Hemat Energi untuk Perumahan. Alat tersebut terdiri dari 4 lampu yang saling berhadapan dilengkapi dengan Rangkaian Arduino, Sensor PIR (passive infrared sensor), Sensor LDR (light dependent resistor), Sensor Radar dan Sensor INA 219. Cara kerja alat tersebut adalah saat tidak ada aktivitas, empat lampu akan menyala dengan redup, sedangkan apabila terdapat aktivitas di sekitarnya empat lampu akan menaikan penerangan secara perlahan dan apabila aktivitas tersebut sudah terlewat maka empat lampu tersebut akan kembali redup. Diharapkan hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem menghasilkan nilai persentase error dibawah 5 persen dengan alat yang digunakan.

Kata Kunci : Rangkaian Arduino, Sensor PIR (passive infrared sensor), Sensor LDR (light dependent resistor), Sensor Radar, Sensor Arus.
Betty Nur Qamarina - Personal Name
621 QAM r
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Betty Nur Qamarina. (2020).RANCANG BANGUN PENERANGAN JALAN UMUM HEMAT ENERGI UNTUK PERUMAHAN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd