Desti Widiastuti Bastian; " />
Record Detail Back

XML

RUMAH SAKIT


Kota Bandung merupakan Kota Besar dengan kepadatan penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya, cenderung menimbulkan berbagai masalah terkait permasalahan kondisi lingkungan maupun kondisi sosial, khususnya dalam permasalahan pelayanan kesehatan. Rumah sakit sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Pembangunan sarana kesehatan dalam sebuah kawasan yang padat penduduk perlu dilakukan dalam upaya Kesehatan Masyarakat melalui kemudahan akses masyarakat luas terhadap fasilitas kesehatan khususnya Rumah Sakit. Oleh karena itu, rumah sakit diharapkan untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Untuk mengatasi permasalah tersebut maka dibangun Rumah Sakit Umum type C atau kelas 2.

Rumah Sakit ini menggunakan Tema “Arsitektur Kontemporer” dimana tema ini adalah gaya desain yang sedang diproduksi pada masa sekarang, Jadi kontemporer bisa saja eklektik. Pada dasarnya gaya kontemporer merupakan suatu konsep yang sering berevolusi dan tidak terikat pada era tertentu.

Penerapan Tema pada Project tugas akhir ini adalah pada penerapan fasadenya dimana banyak bukaan yang berfungsi sebagai pencahayaan alami dan pada bentuk bangunan yang sederhana sesuai fungsinya.

Bentuk gubahan massa diambil dari bentuk persegi empat dan persegi panjang yang di letakan saling berdampingan satu sama lain hingga membentuk leter L hal ini bertujuan untuk menyelaraskan antara bentuk tapak yang berbentuk persegi agar terlihat serasi, dan juga bertujuan untuk bangunan Rumah Sakit hanya memiliki satu akses masuk (entrance).Letak lokasi Tapak yang berada dekat dengan jalan Kolektor Sekunder dijadikan sebagai potensi yang besar untuk arah orientasi bangunan.
Desti Widiastuti Bastian - Personal Name
720 BAS r
700
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2017
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Desti Widiastuti Bastian. (2017).RUMAH SAKIT.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd