Encep Rizal Immamudin; " />
Record Detail Back

XML

REDESIGN PASAR RAKYAT KIARACONDONG


Pasar Rakyat Kiaracondong adalah suatu pusat perbelanjaan tradisional yang berada di Jalan Ibrahim Adjie Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung. Berdasarkan Buku Standar Nasional Indonesia, pasar ini termasuk dalam Pasar Kelas I dimana jumlah pedagang lebih dari 750 orang. Pemerintah Kota Bandung berencana untuk melakukan pembangunan atau revitalisasi beberapa pasar rakyat. Rencana tersebut didasari oleh keadaan pasar rakyat di Kota Bandung yang perlu perhatian lebih. Harapannya dengan melakukan Revitalisasi dapat menjadikan suasana pasar yang nyaman serta disukai pengunjung, sehingga perekonomian pedagang bisa meningkat.

Kajian diawali dengan tahap pengumpulan data mengenai jumlah pedagang Pasar Rakyat Kiaracondong, komoditi yang ada di pasar tersebut, serta data eksisting tapak. Setelah itu dilanjutkan dengan tahap analisis sebagai usaha mengidentifikasi masalah dan potensi yang akan terbentuk serta menerapkan teori-teori yang terkait dengan bangunan maupun tema. Setelah proses analisis data dan sintesis, data yang telah didapat menjadi acuan dalam pengembangan konsep sistematis yang dibentuk. Adapun metode desain yang digunakan antara lain menggunakan pendekatan Arsitektur Perilaku sedangkan untuk tema menggunakan Arsitektur Industrial. Dimana dalam proses perancangan, perilaku pengguna pasar sangat diperhatikan seperti pedagang, pembeli maupun pengunjung yang sedang menunggu. Dengan memahami perilaku pengguna bangunan diharapkan operasional objek perancangan dapat berfungsi secara optimal.

Kata Kunci : Pendekatan Perilaku, Arsitektur Industrial, Pasar Rakyat, PKL.
Encep Rizal Immamudin - Personal Name
720 IMM r
700
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2017
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Encep Rizal Immamudin. (2017).REDESIGN PASAR RAKYAT KIARACONDONG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd