Gita Ersi Faadhilah; " />
Record Detail Back

XML

LAPORAN PERANCANGAN TUGAS AKHIR DESAIN PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA (PSTW) BUDI PERTIWI


Grafik pertumbuhan lansia yang berada di kota Bandung mengalami peningkatan di setiap tahunnya yakni 1.49% per tahun memberikan dampak penyediaan rumah tinggal bagi para lansia. Dengan adanya fasilitas sarana dan prasarana yang memadai dapat membantu meningkatkan taraf kesejahteraan lansia di hari tua. Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) merupakan alternatif tempat penampungan bagi para lansia yang di latar belakangi oleh kondisi yang ditelantarkan maupun di titipkan oleh pihak keluarga. Dengan sistem yang di terapkan PSTW yaitu sebagai tempat tinggal alternatif dengan kebutuhan khusus, dimana memberikan pelayanan dan perawatan serta berbagai aktifitas yang dapat dimaanfaatkan manula untuk mengatasi kemunduran fisik dan mental secara bersama-sama dalam komunitas.

Perancangan kembali Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi pertiwi merupakan salah satu peningkatan penyediaan rumah tinggal bagi para lansia dengan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung. Dengan mengusung konsep Ramah lansia perancangan ini memberikan ruang-ruang yang di desain dengan standar perancangan dari berbagai sumber. Konsep yang diterapkan kedalam perancangan yaitu “Ramah Lansia” dapat memberikan gambaran bagaimana perancangan yang baik bagi lansia dan penyandang disabilitas dengan memberikan ruang-ruang yang dibutuhkan secara baik. Dengan adanya konsep ramah lansia memunculkan sebuah pendekatan untuk perancangan, diantaranya mengarah kepada perilaku para lansia dimana perilaku yang di analisa berasal dari bawaan maupun lingkungan.

Desain ruang-ruang yang diterapkan kedalam perancangan meliputi ruang hunian yang dapat di akses sesuai standar aksesibiltas bagi lansia maupun penyandang disabilitas. Tujuan yang akan ditampilkan memberikan sebuah hunian dengan lingkungan yang dapat menyesuaikan dengan para lansia secara seimbang dan mewujudkan lansia yang mandiri serta mendesain sebuah area pendukung bagi para lansia sebagai contoh hunian lansia yang tergolong tetap aktif dan bersosialisasi dengan baik.

Kata Kunci : Lanjut usia, hunian, disabilitas, PSTW
Gita Ersi Faadhilah - Personal Name
720 FAA l
700
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2017
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Gita Ersi Faadhilah. (2017).LAPORAN PERANCANGAN TUGAS AKHIR DESAIN PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA (PSTW) BUDI PERTIWI.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd