Richardo Jamco; " />
Record Detail Back

XML

REDESAIN HOTEL ISTANA JALAN TAMBLONG, KOTA BANDUNG


Bandung menjadi salah satu destinasi kota liburan untuk wisatawan lokal maupun manca negara. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung khususnya, tentunya secara langsung berpengaruh pada bisnis perhotelan. Dengan persaingan pasar yang cukup ketat, hotel kemudian menarik perhatian pengunjung melalui berbagai cara, salah satunya melalui desain hotel. Redesain Hotel Istana menjadi salah satu objek yang memiliki peluang besar dalam persaingan pasar dan banyak diminati wisatawan yang cenderung ingin mancari pengalaman baru yang belum ditemukan di tempat lain.

Hotel Istana berlokasi di Jalan Tamblong, dimana area ini sangat strategis karena berada di pusat Kota Bandung, tapi nyatanya kurang diminati pengunjung. Ditinjau dari segi visual tidak terlihat tema desainnya, sehingga hotel ini belum dapat dikatakan hotel yang memiliki orisinalitas. Pemanfaatan site dan lingkungan sekitar belum diterapkan untuk gaya desain. Pemilihan material sebagai pendukung suasana mewah belum diterapkan secara maksimal. Selain itu, Hotel Istana kurang direkomendasikan sebagai salah satu hotel pilihan untuk menginap, ini dikarenakan konsep hotel tematik masih belum terlihat, sehingga pengunjung belum mendapatan sebuah pengalaman baru (unik) yang bisa diceritakan, yang menjadi strategi pemasaran, sehingga dengan kata lain, hotel ini tidak termasuk low profile.

Adapun ruang lingkup dalam Tugas Akhir ini adalah meredesain hotel sesuai dengan standar baik klasifikasi maupun jenisnya dengan pertimbangan desain yang spesifik yaitu hotel yang berkarakter Business hotel. Beberapa tujuan yang ingin didapat dari redesain Hotel Istana ini adalah menjadikan hotel ini sesuai dengan jenisnya yaitu hotel yang memiliki karakter Bussiness Hotel dan menjadikan hotel ini memiliki ruang-ruang yang memenuhi standar besaran ruang sesuai dengan kapasitas pengguna ruang dan dapat difungsikan secara optimal. Gaya Arsitektur Modern dipilih untuk proses perencanaan dan perancangan kembali Hotel Istana ini karena dianggap mampu bersaing dengan hotel-hotel di Kota Bandung dari aspek kemewahan.

Adapun metode perancangan yang dilakukan yaitu survei lapangan meliputi: observasi/ pengamatan langsung, interview/ wawancara, studi banding, dan dokumentasi. Setelah itu melakukan studi kepustakaan, analisa data survei dan data kepustakaan, sintesa, programming, tema dan konsep perancangan, desain tahap awal, desain tahap pengembangan / alternatif desain, evaluasi, dan desain final.
Richardo Jamco - Personal Name
720 JAM r
700
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2017
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Richardo Jamco. (2017).REDESAIN HOTEL ISTANA JALAN TAMBLONG, KOTA BANDUNG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd