Nanang Israna R.; " />
Record Detail Back

XML

SEKOLAH TINGGI MUSIK BANDUNG DI KAWASAN GEDEBAGE (BANDUNG TIMUR)


Potensi dalam bidang musik yang dimiliki warga kota Bandung khususnya para remaja sangatlah besar. Baik itu kemampuan individual maupun secara grup. Tetapi wadah untuk mengembangkan potensi tersebut masih terbilang sedikit dan kurang. Perencanaan perancangan sekolah tinggi musik yang bisa memfasilitasi pengembangan kreatifitas para siswanya, adalah untuk itu perlu direncanakan sekolah tinggi yang dapat memfasilitasi dan mengarahkan bakat tersebut, salah satunya yaitu Sekolah Tinggi Musik. Tujuan membuat sekolah ini adalah penyediaan fasilitas lembaga pendidikan yang dapat mendukung kurikulum dalam mengembangkan bakat musik dan ilmu pengetahuan dan sejarah musik, serta merancang tata letak sirkulasi berinteraksi antar individu.

Tinjauan pustaka dan studi literatur dilakukan dengan cara mengumpulkan referensi baik dari internet maupun survey lapangan pada beberapa sekolah tinggi musik yang ada di Bandung dan luar Bandung. Survey yang dilakukan pada sekolah tinggi musik yang ada di Bandung yaitu Sekolah Tinggi Musik Bandung (STiMB), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) dan Fakultas Ilmu Seni dan Sastra (FISS UNPAS).

Beberapa metode yang dilakukan dalam perencanaan sekolah tinggi musik ini diantaranya metode deskriptif, metode dokumentatif dan metode komparatif yang akhirnya menghasilkan data-data yang dibutuhkan untuk perancangan, seperti ; lokasi tapak, data umum tapak, dan kriteria pemilihan lokasi.

Analisa yang dilakukan dalam perancangan sekolah tinggi musik ini mencakup analisa tapak dan analisa bangunan. Untuk analisa tapak mulai dari analisa lingkungan, klimatologi, aksesbilitas, view, vegetasi dan kebisingan, topografi, utilitas yang terdapat pada tapak, sampai analisa potensi dan kendala yang terdapat pada tapak. Sedangkan untuk analisa bangunan seperti sifat bahan bangunan, material bangunan, struktur bangunan, sistem plumbing, pemanfaatan cahaya alami dan buatan, penanggulangan kebakaran, dan penangkal petir.

Konsep perancangan sekolah tinggi musik ini mengacu kepada hasil pengumpulan data dan analisa yang telah dilakukan. Konsep disini adalah membuat desain produk rancangan dengan mengacu kepada tema yang sudah ditentukan yaitu arsitektur metafora serta memanfaatkan potensi yang ada pada tapak dan mencari solusi
untuk setiap kendala yang ada di lapangan.

Nanang Israna R. - Personal Name
720 ISR s
700
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2018
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Nanang Israna R.. (2018).SEKOLAH TINGGI MUSIK BANDUNG DI KAWASAN GEDEBAGE (BANDUNG TIMUR).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd