Abas Tihurua; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Kelayakan Pasar Ikan Desa Yainuelo Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah


Desa Yainuelo berada di Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku merupakana Desa yang berpengaruh terhadap tingkat produksi perikanan di Provinsi Maluku. Menurut hasil survei semetara dari data hasil wawancara, hampir semua warga di Desa memiliki mata pecaharian sebagai nelayan. Jumlah armada penangkapan 150 buah jumlah unit alat penangkapan sekitar 650 buah dengan total produksi 3000 ton lebih per tahun. Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), Kabupaten Maluku Tengah Kecamatan Amahai memiliki jumlah hasil produksi sebesar 8993,60 ton pada tahun 2013, hal ini tidak terlepas dari besarnya jumlah produsksi ikan Desa Yainuelo dengan jumlah sebesar 3147,80 ton atau 35% dari jumlah hasil produksi kecamatan amahai secara keseluruhan. Jumlah produksi perikanan di Desa Yainuelo setiap tahun terus bertambah dilihat dari data profil Desa Yainuelo produksi ikan pada tahun 2014 sebanyak 3305,10 ton dan pada tahun 2015 sebanyak 3494 ton. Jumlah hasil tangkapan ikan yang melimpah ruah tidak sebanding dengan jumlah kosumen yang ada.

Analisis kelayakan ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan melakukan analisis terhadap Aspek Hukum dan Kebijakan, Aspek Sosial Ekonomi dan Budaya, Aspek Pasar dan Pemasaran serta Aspek Teknis dan Teknologi. Berdasakan hasil analisis yang telah dilakukan dengan memanfatkan sumber daya manusia yang mendukung dilihat dari mata pencaharian penduduk yang rata-rata merupakan nelayan untuk menghasilkan ikan yang sebanyk- banyaknya, sebagai Desa dengan jumlah produksi paling banyak di Kecamatan Amahai, Desa Yainuelo dapat memperluas wilayah pemasaran ke desa-desa yang lainnya dengan cara promosi atau pendirian pasar ikan sebagai tempat transaksi jual beli, memanfaatkan peralatan yang ada dan penambahan peralatan yang lebih memadai dan effisien, memanfaatkan jumlah produksi yang melimpah yaitu dengan cara mengawetkan sebagian ikan secara alami yaitu dengan cara dikeringkan dan diawetkan dengan alat pendingin sehingga pada saat cuaca buruk pendapatan ikan tetap meningkat dan memperluas sistem pemasaran melalui media sosial. Maka secara keseluruhan hasil analisis dari strategi-strategi yang telah dibuat maka Pendirian Pasar ikan di Desa Yainuelo layak untuk didirikan.

Kata kunci: analisis kelayakan, pasar ikan.
Abas Tihurua - Personal Name
47 658 TIH a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2017
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Abas Tihurua. (2017).Analisis Kelayakan Pasar Ikan Desa Yainuelo Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd