Eki Panca Setia Mulya; " />
Record Detail Back

XML

Penentuan Kriteria Prioritas Penyimpanan Dan Strategi Pengelolaan Persediaan Spare Part Kendaraan Toyota Di Auto 2000 Setiabudi Bandung


Auto2000 Setiabudi adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang berdiri sejak April 2012 dengan manajemen yang sudah ditangani sepenuhnya oleh PT. Astra International Tbk.

Tujuan dari penulisan laporan ini adalah menentukan kriteria penyimpanan persediaan spare part dan menentukan strategi pengelolaan yang optimal untuk spare part di Auto2000 Setiabudi Bandung. Permasalahan yang dibahas adalah sistem operasional gudang dalam perusahaan dengan memperhatikan kriteria penyimpanan yang mempengaruhi kondisi gudang saat ini. Oleh karena itu dalam penelitian ini digunakan dua pendekatan klasifikasi untuk penyelesaian masalah yaitu pertama dengan menggunakan Klasifikasi ABC dan Klasifikasi XYZ.

Dalam klasifikasi ABC, kelompok A adalah kumpulan produk berdasarkan rangking dengan persentase kumulatif sebesar 80%, kelompok C adalah kumpulan produk dengan persentase kumlatif 5% diambil dari rangking terbawah. Sedangkan kelompok B adalah kumpulan produk yang berada di antara kelompok A dan C. Klasifikasi XYZ dicari dengan menentukan koefisien variansi dari masing-masing produk, dimana kelas X adalah kumpulan produk yang memiliki koefisien variansi dibawah 0,2 , kelompok Y adalah kumpulan produk yang memiliki nilai koefisien variansi diantara 0,2 – 0,6 dan kelompok Z adalah kumpulan produk yang memiliki koefisien variansi diatas 0,6.

Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis maka sparepart yang termasuk ke dalam kelompok AX harus dilakukan pengecekan rutin karena merupakan produk yang memiliki omset yang tinggi dan pengeluarannya bisa diperkirakan.

Kata kunci : persediaan, suku cadang, analisis ABC dan XYZ, strategi pengelolaan persediaan.
Eki Panca Setia Mulya - Personal Name
46 658 MUL p
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2017
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Eki Panca Setia Mulya. (2017).Penentuan Kriteria Prioritas Penyimpanan Dan Strategi Pengelolaan Persediaan Spare Part Kendaraan Toyota Di Auto 2000 Setiabudi Bandung.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd