Hendri Kurniawan; " />
Record Detail Back

XML

Desain Sistem Informasi Persediaan Pada CV. Crown


Penelitian ini dilakukan di CV. Crown. CV. Crown adalah perusahaan distributor bahan bangunan, dimana konsumennya adalah toko retail bahan bangunan di jawa barat. Selama ini CV. Crown melakukan kegiatan pegarsipan menggunakan kertas nota, jika ingin mengetahui jumlah barang yang terjual, jumlah barang yang dibeli, serta jumlah persediaan, maka perusahaan harus membuka arsip penjualan, pembelian, serta menghitung jumlah persediaan secara manual. Kegiatan penghitungan secara manual membutuhkan waktu yang lama, sehinggal sistem perhitungan ini dianggap tidak efisien. CV. Crown juga sering mengalami stock out dan over stock dalam hal persediannya, serta sales dan konsumen kesulitan untuk mendapatkan informasi persediaan barang. Oleh karena itu diperlukan kebijakan persediaan dan sistem pencatatan penjualan, pembelian, dan persediaan untuk menanggulangi dan mengatasi masalah – masalah yang terjadi di CV. Crown. Jenis barang yang diteliti adalah Fiber Gelombang 3 M, Torn 250 Lt, Torn 500 Lt, dan Torn 1000 Lt.

Metode pengendalian persediaan yang digunakan adalah metode Economic Order Quantity (EOQ). Aplikasi yang digunakan untuk membuat sistem pencatatannya adalah menggunakan Microsoft Excel dengan mengintegrasikan jumlah penjulan, pembelian, dan persediaan.

Hasil kebijakan persediaan diketahui bahwa jumlah pesan optimum adalah Fiber Gelombang 3 M sebesar 317, Torn 250 Lt sebesar 254, Torn 500 Lt sebesar 207, dan Torn 1000 Lt sebesar 192. Jumlah cadangan pengaman Fiber Gelombang 3 M sebesar 3, Torn 250 Lt sebesar 2, Torn 500 Lt sebesar 1, dan Torn 1000 Lt sebesar 11. Jumlah titik pesan optimum Fiber Gelombang 3 M sebesar 33, Torn 250 Lt sebesar 15, Torn 500 Lt sebesar 10, dan Torn 1000 Lt sebesar 19.

Sistem informasi dibuat dengan menggabungkan kebijakan persediaan dan sistem pencatatan dengan.

Kata Kunci: Sistem, Pencatatan, Economic Order Quantity, Informasi,


Hendri Kurniawan - Personal Name
58 658 KUR d
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2017
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Hendri Kurniawan. (2017).Desain Sistem Informasi Persediaan Pada CV. Crown.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd