Nobel Ramadhan; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Kepuasan Kerja Karyawan Dengan Metode Employee Satisfa Action Index (ESI) Di Departemen Stockfit PT. Fengtay Indonesia


PT. FengTay Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam manufaktur sepatu merk NIKE. Saat ini jumlah market share PT. FengTay Indonesia semakin banyak, bahkan ke beberapa negara, seperti Taiwan, India, China, dan beberapa negara di Eropa dan Amerika. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan dan banyaknya permintaan akan produk sepatu tersebut, maka PT. FengTay Indonesia harus lebih produktif, memberikan pelayanan yang baik, menghasilkan produk yang berkualitas, dan dapat memenuhi permintaan konsumen tersebut.

Pendukung utama tingkat produktifitas suatu perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tersebut adalah sumber daya manusia, khususnya para karyawan pabrik (pekerja langsung) yang merupakan karyawan yang berkecimpung secara langsung dalam proses pembuatan produk. Tidak terkecuali departemen di PT FengTay Indonesia yaitu departemen stockfit. Departemen ini bertugas untuk memproduksi outsole sepatu, dan mempunyai total karyawan 54 orang dalam satu line produksi.

Salah satu hal yang penting dalam peningkatan produktifitas karyawan adalah dengan memperhatikan kepuasan kerja karyawan. Selain menjadi indikator kualitas kerja dalam sebuah perusahaan, kepuasan kerja juga berperan sebagai pendorong timbul dan berkembangnya motivasi seseorang dalam melakukan pekerjaannya. Kondisi kepuasan kerja seseorang dapat mempengaruhi perilakunya dalam bekerja, seperti tingkat absensi, tingkat jabatan, prestasi kerja, loyalitas kerja, dan sebagainya. Selain itu PT FengTay Indonesia belum pernah melakukan pengukuran kepuasan kerja karyawan, sehingga di PT FengTay Indonesia ini perlu dilakukan pengukuran kepuasan kerja karyawan dengan mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan kerja karyawan, selanjutnya dapat merencanakan program-program yang dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

Alat penelitian menggunakan kuesioner yang disebar dengan cara sensus, yaitu penyebaran kuesioner kepada seluruh karyawan. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pabrik (pekerja langsung) yang berada di bagian produksi. Pengukuran kepuasan kerja karyawan dilakukan dengan menggunakan metode Employee Satisfaction Index (ESI). Selain itu, untuk mengetahui kesenjangan antara tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan karyawan menggunakan analisis GAP. Sedangkan untuk mengetahui variabel yang menjadi prioritas dalam perbaikan dan peningkatan menggunakan analisis Peta Kuadran, yaitu variabel yang berada pada kuadran II (problem).

Dari hasil perhitungan ESI secara keseluruhan, nilai rata-rata indeks kepuasan kerja (ESI) yang diperoleh sebesar 70.740%. Nilai ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan karyawan merasa puas terhadap aspek-aspek kepuasan kerja karyawan. Akan tetapi jika dilihat dari tabel hasil perhitungan GAP secara keseluruhan, nilai rata-rata GAP yang diperoleh sebesar -0.290. Hal ini menunjukkan bahwa GAP dari masing-masing variabel secara keseluruhan cenderung bernilai negatif, artinya secara keseluruhan kepuasan karyawan saat ini belum memenuhi harapan karena masih terdapat variabel kerja yang menjadi prioritas untuk diperbaiki dan ditingkatkan.

Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan, ada 1 variabel yang menjadi prioritas utama untuk memperoleh perbaikan. Adapun variabel tersebut adalah variabel mengenai besarnya gaji yang diberikan perusahaan.
Nobel Ramadhan - Personal Name
61 658 RAM a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2017
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Nobel Ramadhan. (2017).Analisis Kepuasan Kerja Karyawan Dengan Metode Employee Satisfa Action Index (ESI) Di Departemen Stockfit PT. Fengtay Indonesia.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd