Rangga Setiawan; " />
Record Detail Back

XML

PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK SKIN ASSY PESAWAT AIRBUS A320 DENGAN PENDEKATAN SEVEN TOOLS DAN FMEA SERTA ANALISIS KAIZEN SEBAGAI USAHA PENGURANGAN KECACATAN PRODUK DI PT DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO)


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sistem pengendalian kualitas produk di PT Dirgantara Indonesia (Persero) yakni mencari penyebab- penyebab produk cacat pada perusahaan tersebut dengan pendekatan Seven Tools, menganalisa mengenai prioritas penanggulangan dengan menggunakan Failure Mode Effect Analysis serta menentukan rencana tindakan dalam upaya meningkatkan kualitas produk dengan pendekatan Kaizen.

Jenis kecacatan di PT Dirgantara Indonesia sebanyak 5 jenis. Hasil dari penelitian menggunakan Seven Tools, diperoleh kecacatan tertinggi ada pada kecacatan scratch. Maka penelitian ini fokus pada kecacatan scratch. Kecacatan scratch berada pada angka 25.50% atau sebanyak 13 unit pada bulan Agustus sampai Oktober 2016. Kecacatan yang terjadi disebabkan oleh lima hal yaitu manusia, mesin, metode, material dan lingkungan. Melalui metode Failure Mode Effect Analysis diperoleh kriteria utama penyebab cacat dominan serta rekomendasi solusi perbaikan yang nantinya dapat diusulkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyebab dominan kecacatan karena faktor lingkungan, dengan nilai RPN 126. Pada tahap perbaikan dilakukan pengembangan rencana tindakan dengan pendekatan Kaizen yang meliputi konsep 5W+1H. Saran perbaikan yang dapat dilakukan perusahaan adalah memberikan arahan pada pekerja, melakukan pengontrolan terhadap kecacatan, serta melakukan penataan kembali terhadap area produksi dengan konsep Five Step Plan dengan hasil utama rencana tindakan perbaikan terutama faktor lingkungan.
Rangga Setiawan - Personal Name
658 SET p
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2017
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Rangga Setiawan. (2017).PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK SKIN ASSY PESAWAT AIRBUS A320 DENGAN PENDEKATAN SEVEN TOOLS DAN FMEA SERTA ANALISIS KAIZEN SEBAGAI USAHA PENGURANGAN KECACATAN PRODUK DI PT DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd