Reza Aropy; " />
Record Detail Back

XML

ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK FOOTREST L/R MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA PADA PT. GOLDEN METAL INDUSTRI


Metode Six Sigma adalah suatu pendekatan yang terampil dalam pemecahan masalah kualitas untuk produk yang mengalami cacat produk untuk sampai mendekati angka (zero defect).

PT. Golden Metal Industri adalah perusahaan yang bergerak dalam memasok komponen otomotif Roda 4 dan komponen otomotif Roda 2. Permasalahan yang terjadi sering ditemukan produk cacat pada kegiatan proses produksi. Produk yang mengalami kecacatan terbesar dari beberapa produk lain adalah produk footrest L/R . maka langkah yang tepat untuk permasalahan ini dilakukan Analisis berkaitan Pengendalian kualitas produk footrest L/R analisa dengan menggunakan metode six sigma, dengan menggunakan langkah DMAIC (Difine, Measure, Analyze, Improve, dan Control) pada PT. Golden Metal Industri.

Hasil analisa dengan menggunakan DMAIC (Difine, Measure, Analyze, Improve, dan Control) bahwa produk footrest L/R harus mengprioritaskan pada proses diecasting, drilling dan buffing untuk dapat mengurangi tingkat kecacatan yang terjadi dengan mencapai nilai sigma tinggi dan mendekati tingkat kecacatan zero defect dengan menerapkan usulan perbaikan yang telah dianalyze untuk kemudian diimplementasikan.

setelah dilakukan penelitian bahwa perusahaan harus mengprioritaskan pada proses diecasting, drilling dan buffing pada produk footrest L/R yang kemudian dilakukan pengimplementasian dari hasil analisis dengan menggunkan fishbone diagram hasil usulan perbaikan, hasilnya pada proses die casting menunjukan bahwa target penurunan cacat hingga 30 %, ini menunjukan bahwa implementasi ini dapat efektif dilakukan untuk mencapai target penurununan cacat semakin tinggi. Pada proses drilling menunjukan bahwa target penurunan cacat hingga 40%, ini menunjukan bahwa implementasi ini dapat efektif dilakukan untuk mencapai target penurununan cacat semakin tinggi. Dan pada proses buffing menunjukan bahwa target penurunan cacat hingga 20 %, ini menunjukan bahwa implementasi ini dapat efektif dilakukan untuk mencapai
target penurununan cacat semakin tinggi.

Reza Aropy - Personal Name
658 ARO a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2017
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Reza Aropy. (2017).ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK FOOTREST L/R MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA PADA PT. GOLDEN METAL INDUSTRI.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd