Bias Malta Lungidta Putri; " />
Record Detail Back

XML

Perancangan Tata Letak Fasilitas Laboratorium Massa Akademi Metrologi Menggunakan Pendekatan Systematic Layout Planning


Akademi Metrologi sebagai salah satu Perguruan Tinggi baru dengan satu program studi yaitu Program Studi Metrologi dan Instrumentasi Diploma III akan membangun salah satu sumber belajar yang wajib disediakan untuk menunjang kegiatan akademis yaitu Laboratorium Massa sesuai dengan Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi Pasal 41 ayat (1). Dalam hal ini, Akademi Metrologi menginginkan adanya pemanfaatan ruang yang optimal untuk membangun Laboratorium Massa yang sesuai kebutuhan saat ini dengan luas area yang ada. Berdasarkan hal tersebut maka pada tugas akhir ini dibuat Perancangan tata letak fasilitas Laboratorium Massa Akademi Metrologi dengan pendekatan Systematic Layout Planning (SLP). Usulan perancangan tata letak fasilitas laboratorium dibuat dengan memperhatikan unsur ergonomi melalui perancangan desain ukuran meja kerja mahasiswa sesuai dengan antropometri mahasiswa agar dapat digunakan secara nyaman selama melakukan seluruh aktivitas praktikum.

Perancangan meja kerja mahasiswa pada tugas akhir ini menghasilkan ukuran meja, yaitu 135,56 cm x 147,72 cm x 69,34 cm yang selanjutnya dimasukkan dalam perhitungan kebutuhan luas lantai untuk perancangan tata letak fasilitas yang diusulkan. Laboratorium Massa dirancang terdiri dari 4 ruangan, yaitu R. Asisten & Loker, R. Peminjaman Alat, R. Praktikum Massa Mekanik dan R. Praktikum Massa Elektronik dan diatur letaknya berdasarkan derajat hubungan kedekatan. Perancangan tata letak fasilitas usulan menghasilkan kesimpulan bahwa luas area yang disediakan telah mencukupi untuk membangun Laboratorium Massa dimana total kebutuhan luas lantai Laboratorium Massa adalah 114,6 m2. Adapun desain tata letak fasilitas Laboratorium yang diusulkan digambarkan menggunakan metoda template.

Kata Kunci : Perancangan Tata Letak Fasilitas, Laboratorium Massa Akademi Metrologi.
71 658 PUT p
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2018
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Bias Malta Lungidta Putri. (2018).Perancangan Tata Letak Fasilitas Laboratorium Massa Akademi Metrologi Menggunakan Pendekatan Systematic Layout Planning.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd