Dewi Kustati; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Dan Perbaikan Kualitas Pelayanan Diklat Fungsional Penera Di Kantor Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian


Upaya perbaikan pelayanan yang dilakukan Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian (PPSDK) melalui evaluasi diklat belum memberikan hasil yang dapat dijadikan analisis dan rekomendasi perbaikan. Untuk itu perlu diketahui indikator yang dapat mempengaruhi kepuasan peserta diklat dan menentukan tingkat kepentingannya. Metode untuk mengetahui tingkat prioritas dari beberapa indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) yang membagi beberapa indikator ke dalam empat kuadran sesuai dengan tingkat kepentingan dan tingkat pemenuhan harapan. Sedangkan untuk memperoleh rekomendasi perbaikan adalah dengan mengidentifikasi respon teknis sesuai dengan indikator yang mempengaruhi kepuasan peserta diklat. Dalam menganalisis dan menentukan tingkat prioritas respon teknis digunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Metode ini menggabungkan variabel tingkat kepentingan dan tingkat pengembangan (improvement ratio) untuk memperoleh tingkat urgensi dari respon teknis.

Dari penilaian yang dilakukan oleh 117 responden melalui kuesioner diperoleh hasil bahwa rata-rata jawaban tingkat kepentingan dan harapan adalah 4 dan 5, sedangkan pada tingkat kepuasan adalah 3 dan 4. Responden memiliki harapan tinggi dan menganggap indikator-indikator yang diberikan dalam kuesioner penting dalam meningkatkan kepuasan, namun sudah cukup puas terhadap pelayanan yang diberikan. Indikator yang dianggap penting oleh peserta diklat serta perlu ditingkatkan adalah kesesuaian kurikulum, praktikum mata pelajaran, disiplin pegawai, perlengkapan kelas, dan kebersihan dan kenyamanan laboratorium.

Dari penelitian dengan metode QFD dan IPA ini dapat disimpulkan bahwa respon teknis yang menjadi prioritas untuk dilakukan oleh PPSDK adalah menyediakan kotak saran dan meresponnya dengan cepat, melakukan pengawasan secara keseluruhan pelatihan, konsisten pada peraturan yang tersedia, menyederhanakan dan memperjelas prosedur yang ada, melakukan evaluasi kurikulum, melatih sikap penyelenggara diklat dalam melayani, dan menambah fasilitas diklat.

Kata Kunci: Diklat PPSDK, Kualitas Pelayanan, Perbaikan Pelayanan
Dewi Kustati - Personal Name
74 658 KUS a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2018
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Dewi Kustati. (2018).Analisis Dan Perbaikan Kualitas Pelayanan Diklat Fungsional Penera Di Kantor Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd