Irvan Januarendra; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Posisi Kerja Pada Pengujian Pompa Ukur Bahan Bakar Minyak Dengan Metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) Dan Recommended Weight Limit (RWL) (Studi Kasus Di Laboratorium Pusat Pengembangan Sumber Daya Kementrologian


Pengujian Pompa Ukur BBM merupakan salah satu kegiatan yang wajib dalam Mata Diklat Fungsional Penera di Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian (PPSDK). Dalam kaitannya dengan pengujian tersebut terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan salah satunya yaitu kenyamaan dalam bekerja, karena keluhan - keluhan sakit yang dirasakan oleh operator saat bekerja merupakan akibat dari aktivitas yang tidak nyaman dan tidak dalam kondisi tubuh yang alamiah.

Keluhan operator pada Pengujian Pompa Ukur BBM di PPSDK, disebabkan karena kondisi postur tubuh operator yang tidak alamiah seperti membungkuk dan mengangkat beban berat yang menyebabkan ketidaknyamanan dalam bekerja dan dapat berisiko terjadinya cedera. Metode analisis postur kerja yang digunakan menggunakan Rapid Entire Body Assessment (REBA) dan Recommended Weight Limit (RWL). Metode tersebut digunakan untuk menganalisis level potensi terjadinya cedera pada postur tubuh pada aktivitas kerja.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa keluhan sakit yang paling banyak dialami adalah pada bagian bahu kanan, punggung, dan pinggang, sedangkan berdasarkan pada metode REBA diketahui bahwa aktivitas Penuangan Cairan BBM memiliki resiko tertinggi dengan nilai REBA=11 dan nilai Lifting Index/ LI >1.

Untuk itu tindak lanjut yang dilakukan oleh peneliti adalah mendesign Alat Bantu Penuangan Cairan BBM yang ergonomis dengan menggunakan prinsip Anthropometri sehingga diharapkan dapat membantu operator dalam pelaksanaan pengujian Pompa Ukur BBM dan meminimalkan terjadinya cedera.

Kata kunci : Pompa Ukur BBM, Nordic Body Map, Rapid Entire Body Assessment, Recommended Weight Limit, Lifting Index.
Irvan Januarendra - Personal Name
67 658 JAN a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2018
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Irvan Januarendra. (2018).Analisis Posisi Kerja Pada Pengujian Pompa Ukur Bahan Bakar Minyak Dengan Metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) Dan Recommended Weight Limit (RWL) (Studi Kasus Di Laboratorium Pusat Pengembangan Sumber Daya Kementrologian.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd