Puspitasari Dewi Setiawan; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Kepuasan Peserta Diklat Penera Di Laboratorium Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian (PPSDK)


Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian (PPSDK) merupakan institusi yang mendidik tenaga-tenaga professional dalam pelayanan Kemetrologian. Kurikulum pembelajaran di PPSDK salah satunya yaitu kegiatan praktikum dan dilakukan di laboratorium. Oleh karena itu perlu dilakukan pengawasan secara aktif dan mengevaluasi kualitas laboratorium PPSDK serta berkomitmen terhadap perbaikan mutu pelayanan tersebut demi memenuhi harapan pengguna layanan terhadap pelayanan laboratorium. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi faktor-faktor apakah yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengguna layanan di laboratorium serta menganalisis pengaruh masing-masing faktor tersebut, dan memberikan usulan perbaikan sebagai upaya peningkatan standar kualitas laboratorium PPSDK.

Responden dalam penelitian ini yaitu peserta diklat penera tahun 2016-2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 114 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dikukur dengan skala Likert. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya sub variabel (keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati), variabel pelayanan, fasilitas, lingkungan, keamanan, dan kepuasan. Metode pengolahan data yang dikalukan adalah uji multi kolinearitas dengan hasil tidak ada pengaruh antar variabel independen, uji normalitas dengan hasil data tidak terdistribusi normal, dan uji hipotesis korelasi parsial Kendall’s Tau dan uji korelasi berganda konkordansi Kendall (Kendall W Test). Hasil koefisien korelasi terbesar yaitu variabel lingkungan sebesar 0,678, sementara koefisien korelasi yang terendah yaitu variabel keamanan sebesar 0,393. Hasil koefisien korelasi uji konkordansi Kendall (Kendall W Test) menujnjukan bahwa seluruh variabel secara bersama berpengaruh terhadap kepuasan.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu faktor yang pengaruhnya paling besar terhadap kepuasan peserta diklat penera adalah lingkungan laboratorium, diikuti oleh pelayanan, kemudian fasilitas dan yang terakhir adalah keamanan, dan semua variabel memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan. Usulan yang dapat diberikan yaitu melakukan pelatihan Sistem Manajemen K3, Manajemen Risiko, dan Job Safety Analysis, untuk peningkatan kemampuan SDM di laboratorium.

Kata kunci : Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Lingkungan, Keamanan
73 658 SET a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2018
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Puspitasari Dewi Setiawan. (2018).Analisis Kepuasan Peserta Diklat Penera Di Laboratorium Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian (PPSDK).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd