Suprihatna Bayu; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Perancangan K3 Dengan Metode Failure Mode Effect Analisis (FMEA) Di PT. Soijer Abadi


PT Soljer Abadi merupakan salah satu industri manufaktur yang telah mempunyai sertifikta iso 9001:2015 namun belum memiliki divisi EHS (Environment, Health and Safety), oleh karena itu masih saja terjadi kecelakaan kerja. Faktanya bahwa telah terjadi 151 kecelakaan kerja di PT Soljer Abadi semenjak tahun 2010 sampai dengan 2017. Kekurangan dari sistem yang sudah ada adalah setiap perbaikan yang muncul dari hasil investigasi hanya diterapkan pada penanganan kasus tersebut bukan untuk di semua departemen kerja sehingga kasus kecelakaan kerja serupa akan muncul kembali cukup besar. Selain itu adanya kekurangan dalam laporan investigasi yakni belum memiliki tingkat keparahan atau dampak dari kecelakaan kerja serta belum diketahui sejauh apa tingkat alat kontrol yang sudah dimiliki perusahaan dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kecelakaan kerja yang terjadi di PT Soljer Abadi.

Metodologi penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi kejadian kecelakaan kerja berdasarkan kasus, penyebab dan akibat kemudian mengkategorikan kasus kecelakaan tersebut. Ada 12 kategori kecelakaan kerja, yang kemudian digunakan sebagai failure mode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk menentukan prioritas penanganan. FMEA berfungsi untuk mengetahui nilai Risk Prioruty Number (RPN) tertinggi dari failure mode yang ada.

Hasil dari penelitian diketahui bahwa 1 kategori kecelakaan kerja dengan nilai RPN tertinggi adalah kategori terpeleset, tersandung, dan jatuh pada lantai datar dengan penyebab utama kontrol manajemen yang tidak maksimal. Nilai RPNnya sebesar 540. Dengan demikian dapat menjadi target penanganan oleh manajemen di PT Soljer Abadi.
Suprihatna Bayu - Personal Name
69 658 BAY a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2018
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Suprihatna Bayu. (2018).Analisis Perancangan K3 Dengan Metode Failure Mode Effect Analisis (FMEA) Di PT. Soijer Abadi.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd