Siti Maesaroh; " />
Record Detail Back

XML

Perancangan Standar Operasional Prosedur Penetapan Status Barang Mlik Negara Pada Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian Kementrian Perdagangan RI


Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian (PPSDK) merupakan unit eselon 2 dibawah Kementerian Perdagangan yang melaksanakan kegiatan penatausahaan Barang Milik Negara (BMN) salah satunya penetapan status BMN. Penetapan status BMN adalah proses dimana BMN yang sudah dibeli dengan uang negara tetapi belum memiliki nomor register BMN. Selama ini proses penetapan status BMN di PPSDK dilaksanakan berdasarkan acuan undang- undang saja dan belum memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP). Belum adanya SOP penetapan status BMN menyebabkan terhambatnya proses penetapan status BMN di PPSDK.

Perancangan SOP ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah terhambatnya proses penetapan status BMN yang ada di PPSDK. Prosedur yang dirancang berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 246/PMK.06/2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Penggunaan Barang Milik Negara sesuai dengan acuan pelaksanaan penetapan status BMN di PPSDK, sedangkan prosedur penyusunan SOP sendiri berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Presedur Administrasi Pemerintahan. Peraturan tersebut mengatur proses dari awal yaitu persiapan, format, tata cara sampai akhir perancangan SOP yaitu evaluasi.

Penelitian ini menghasilkan rancangan SOP yang sudah dievaluasi di PPSDK sebagai unit kerja dimana SOP tersebut nantinya akan dilaksanakan.

Kata Kunci: SOP, Penetapan Status, BMN.
Siti Maesaroh - Personal Name
63 658 SIT p
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2018
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Siti Maesaroh. (2018).Perancangan Standar Operasional Prosedur Penetapan Status Barang Mlik Negara Pada Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian Kementrian Perdagangan RI.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd