Tenny Tia Puspita; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Kinerja Penelitian Widya Iswara Di Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian


Kinerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Berdasarkan PERMENDAG Nomor 08/M-DAG/PER/2/2016, penelitian ditambahkan menjadi salah satu indikator kinerja PPSDK yang penilaiannya ikut mempengaruhi penilaian kinerja organisasi. Widyaiswara sebagai tenaga pendidik di PPSDK memegang peran penting terkait pelaksanaan penelitian. Adapun tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengidentifikasi faktor apa yang paling mempengaruhi kinerja penelitian widyaiswara, bagaimana pengaruh dari masing-masing faktor, serta memberi usulan berdasarkan analisis pengaruh dari masing-masing faktor sebagai upaya perbaikan kinerja penelitian widyaiswara. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Skala pengukuran menggunakan skala likert. Analisis pengolahan data yang digunakan adalah analisis Partial Least Square menggunakan software smartPLS versi 3.0.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa faktor pelatihan memiliki pengaruh paling besar terhadap kinerja penelitian widyaiswara. Faktor pelatihan dan reward system memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja penelitian widyaiswara, sedangkan faktor penerapan SOP dan fasilitas kerja tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja penelitian widyaiswara. Adapun usulan yang dapat diberikan antara lain pemberian pelatihan kepada fungsional umum pembuat SOP terkait pedoman penyusunan SOP, pembuatan SOP terkait pengadaan dan pemeliharaan peralatan laboratorium, serta pengajuan permintaan kebutuhan untuk petugas pengelola laboratorium PPSDK ke Kementerian Perdagangan Pusat.

Kata Kunci : Kinerja Penelitian, Widyaiswara, Partial Least Square, smartPLS.
Tenny Tia Puspita - Personal Name
77 658 PUS a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2018
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Tenny Tia Puspita. (2018).Analisis Kinerja Penelitian Widya Iswara Di Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd