Wellia Gustiari; " />
Record Detail Back

XML

Usulan Rancangan Penilaian Kinerja Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Menggunakan Metode Rating Scale (Studi Kasus Di Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemerologian)


Berlakunya Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara membuat PPSDK harus mempunyai penilaian kinerja PPPK yang nantinya digunakan untuk perpanjangan kontrak dan pengembangan kompetensi PPPK. Tujuan penelitian ini untuk menentukan besarnya bobot yang tepat pada masing- masing aspek penilaian pada penilaian kinerja PPPK di PPSDK dan membuat usulan rancangan penilaiannya. Populasi pada penelitian ini adalah para pengambil keputusan yang terkait secara langsung dengan PPPK yang berada di lingkungan PPSDK. Rancangan penilaian kinerja PPPK dibuat dengan mempertimbangkan kriteria disiplin dan kompetensi yang dianggap sebagai 2 kriteria penting dalam sebuah penilaian kinerja. Berdasarkan hasil pembobotan yang dilakukan dengan menggunakan metode perbandingan berpasangan, diperoleh bobot untuk kriteria penilaian disiplin (0,634) dan penilaian kompetensi (0,366). Dengan bobot subkriteria pada penilaian disiplin yaitu kehadiran (0,388), etika dan estetika (0,275), dan kinerja (0,338). Sedangkan bobot untuk subkriteria pada penilaian kompetensi yaitu komitmen terhadap organisasi (nilai bobot 0,214), profesionalisme (nilai bobot 0,193), berorientasi kepada pelanggan (nilai bobot 0,118), berpikir konseptual (nilai bobot 0,110), semangat untuk mencapai target kerja (nilai bobot 0,105), perhatian kepada ketelitian kerja (nilai bobot 0,074), proaktif (nilai bobot 0,057), empati (nilai bobot 0,049), kerjasama (nilai bobot 0,038), percaya diri (nilai bobot 0,023), dan kesadaran berorganisasi (nilai bobot 0,021). Hasil pembobotan dari masing-masing kriteria dan subkriteria kemudian digunakan sebagai acuan dalam penilaian kinerja PPPK dengan menggunakan rating scale. PPPK yang mempunyai nilai kinerja ≥ 4 (kategori baik dan baik sekali) akan diperpanjang kontraknya untuk tahun berikutnya. Sedangkan bagi PPPK dengan nilai kinerja kurang dari 4 tidak akan diperpanjang kontraknya.

Kata Kunci : Penilaian Kinerja, PPPK , Rating Scale, Disiplin, Kompetensi
Wellia Gustiari - Personal Name
78 658 GUS u
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2018
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Wellia Gustiari. (2018).Usulan Rancangan Penilaian Kinerja Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Menggunakan Metode Rating Scale (Studi Kasus Di Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemerologian).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd