Rizki Rahmat Gustari; " />
Record Detail Back

XML

Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Website Menggunakan Metode Rapid Application Development (Rad) (Studi Kasus : Desa Cingcin)


Dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi informasi, setiap instansi pemerintahan berusaha dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Layanan pengaduan masyarakat adalah salah satu bentuk partisipasi untuk ikut berperan dalam membangun dan pengawasan terhadap kinerja instansi pemerintahan. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian tentang penyampaian pengaduan atas permasalahan dan keluhan yang terjadi pada masyarakat yang tidak tersalurkan. Dengan demikian dibutuhkan sebuah rancangan aplikasi layanan informasi pengaduan untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan keluhannya. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi layanan pengaduan ini adalah model Rapid Application Development (RAD). Sistem ini dijalankan menggunakan website dan dibuat responsif agar bisa diakses melalui perangkat mobile. Perangkat lunak pendukung dalam membuat aplikasi ini adalah menggunakan aplikasi Server XAMPP dengan menggunakan Framework Codeigniter dan MysQL sebagai database untuk menyimpan data. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa Pemrograman PHP dan HTML. Diharapkan dengan dibuatnya aplikasi pengaduan masyarakat di Desa Cingcin ini dapat membantu memberikan informasi yang efektif dan mengurangi kesalahan dalam proses penanganan data pengaduan masyarakat.


Kata kunci : Rapid Application Development (RAD), XAMPP, Framework Codeigniter, MySQL, PHP, HTML, Pengaduan Masyarakat.
Rizki Rahmat Gustari - Personal Name
005 GUS p
000
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Rizki Rahmat Gustari. (2020).Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Website Menggunakan Metode Rapid Application Development (Rad) (Studi Kasus : Desa Cingcin).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd