Serghi Apriatna Djumantara; " />
Record Detail Back

XML

Aplikasi Bimbingan Skripsi Online Dengan Menggunakan Metode User Centered Design (Ucd) Berbasis Web (Studi Kasus: Prodi Informatika Universitas Langlangbuana Bandung)


Skripsi merupakan suatu tulisan ilmiah yang dibuat sebagai syarat seorang mahasiswa menyelesaikan studinya. Skripsi sebagai bukti kemampuan akademik seorang mahasiswa. Berdasarkan pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan skripsi adalah suatu proses dalam pengerjaan tulisan ilmiah yang dilakukan dengan cara menuntun penulis dengan memberikan petunjuk atau penjelasan agar dapat menciptakan karya ilmiah yang sesuai dengan aturan yang berlaku.
Kegiatan penulisan skripsi biasanya terdapat berbagai kendala yang dihadapi dari tahap awal pendaftaran hingga tahap selesai pelaksanaan skripsi. Salah satu kendala yang sering dihadapi yaitu sulit melakukan bimbingan dan pemantauan implementasi skripsi dan laporan skripsi yang masih bersifat manual. Perancangan aplikasi bimbingan skripsi online ini adalah untuk merubah proses manual menjadi komputerisasi. Dalam aplikasi ini dapat dilakukan bimbingan jarak jauh progress dari setiap penulisan skripsi dapat diketahui secara instan, laporan hasil setiap bimbingan terorganisir lebih baik daripada sebelumnya. Aplikasi ini memberikan solusi dan kemudahan dalam pelaksanaan bimbingan dan pemantauan skripsi, dengan aplikasi ini semua kegiatan dan alur skripsi dapat berjalan dengan baik dari proses manual sebelumnya.
Dalam penelitian ini menghasilkan aplikasi bimbingan skripsi online dengan menggunakan metode user centered design (ucd), agar aplikasi yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan memudahkan mahasiswa dalam melakukan proses bimbingan.

Kata Kunci: Skripsi, Bimbingan, Bimbingan Skripsi Online, User Centered Design (UCD).
005 DJU a
000
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Serghi Apriatna Djumantara. (2020).Aplikasi Bimbingan Skripsi Online Dengan Menggunakan Metode User Centered Design (Ucd) Berbasis Web (Studi Kasus: Prodi Informatika Universitas Langlangbuana Bandung).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd