Sulis; " />
Record Detail Back

XML

Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Pengguna Pada Jaringan Hotspot Berbasis Web Di Kecamatan Batununggal (Studi Kasus : Kantor Kecamatan Batununggal)


Kecamatan Batununggal adalah salah satu instansi pemerintahan yang ada di Kota Bandung yang memanfaatkan jaringan komputer baik via kabel atau wireless dimana internet sebagai media pencari informasi. Penilitian di Kantor Kecamatan Batununggal bertujuan untuk membangun Sistem Pengelolaan Pengguna pada jaringan hotspot. Kantor Kecamatan Batununggal telah menggunakan jaringan mikrotik sebagai routing-nya tetapi di dalam penerapannya masih sederhana sehingga administrator belum bisa melihat siapa saja yang terkoneksi pada jaringan hotspot tersebut dan belum adanya pembagian bandwidth berupa speed upload dan download setiap pengguna.Penelitian ini bertujuan untuk membuat Aplikasi Pengelolaan Pengguna berbasis web memanfaatkan service API (Application Programming Interface) yang ada pada mikrotik RB951Ui-2HnD.
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan data skunder dan metode pengembangan dilakukan dengan metode waterfall (model air terjun) yang mana motede ini merupakan suatu model pengembangan secara sekuensial, metode waterfall bersifat sistematis dan berurutan dalam membangun sebuah perangkat lunak, proses pembuatannya mengikuti alur dari mulai analisis, desain, kode, pengujian dan pemeliharaan. Rancangan sistem ini menggunakan bahasa pemograman PHP (Hypertext Programming Interface) dan Aplikasi XAMPP dengan mengaktifkan MySQL dan Apache. Dengan solusi yang diberikan ini diharapkan dapat memperbaiki jaringan hotspot yang ada di kantor Kecamatan Batununggal.
Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa dengan adanya Aplikasi Pengelolaan Pengguna pada jaringan hotspot, administrator dapat mengetahui siapa saja pengguna yang terkoneksi ke jaringan dan dapat mengatur bandwidth di setiap pengguna. Aplikasi pengelolaan pengguna telah terintegrasi dengan baik.

Kata kunci : Jaringan, Hotspot, PHP, API, Mikrotik
Sulis - Personal Name
000
000
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Sulis. (2020).Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Pengguna Pada Jaringan Hotspot Berbasis Web Di Kecamatan Batununggal (Studi Kasus : Kantor Kecamatan Batununggal).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd