Tegus Justnawan; " />
Record Detail Back

XML

Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Seleksi Penerimaan Siswa Baru Jalur Prestasi Menggunakan Metode Simple Multi Atribute Rating Technique Berbasis Web (Studi Kasus: SMKN Situraja)


Penelitian ini dilatar belakangi oleh teknologi informasi yang ada di SMKN Situraja yang masih kurang optimal sehingga diperlukan perancangan dan pengembangan sistem PPDB secara online yang lebih optimal. Teknologi dalam dunia pendidikan perlu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi tersebut dengan tujuan untuk dapat memperbaiki tatanan sistem pendidikan serta sebagai penunjang kegiatan operasional dalam menghasilkan suatu informasi. Dengan adanya kemajuan teknologi yang sangat pesat beberapa sekolah di indonesia berbondong-bondong mengembangkan sistem PPDB secara online, karena dengan hal ini membuat pelaksanaan penerimaan siswa baru menjadi lebih akuntabel dan akomondatif serta menghilangkan kecurangan-kecurangan yang terjadi pada pelaksanaan penerimaan siswa baru secara manual. Dalam penelitian ini dibuat suatu aplikasi pendaftaran siswa baru jalur prestasi dengan metode algoritma Simple Multi Attribute Rating Technique atau SMART, metode algoritma SMART sering juga dikenal dengan istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Metode SMART di sarankan untuk menyelesaikan masalah penyeleksian dalam sistem pengambilan keputusan multi proses. Sehingga metode ini cocok untuk diterapkan dalam penyeleksian penerimaan siswa baru jalur prestasi karena bisa mengkategorikan siswa berprestasi berdasarkan indikator seperti rata-rata nilai dari semester 1-5, kejuaraan tingkat InterNasional, kejuaraan tingkat Nasional, kejuaraan tingkat Provinsi dan Kejuaraan Tingkat Kabupaten/Kota, sehingga aplikasi ini dapat dijadikan suatu acuan untuk pengambilan keputusan di SMKN Situraja dalam penerimaan siswa baru melalui jalur prestasi. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan manfaat kepada pihak sekolah terutama dalam hal penyeleksian penerimaan siswa baru khususnya pada jalur prestasi.


Kata kunci: Sekolah Menengah Kejuruan, PPDB, Pengambilan keputusan, Jalur Prestasi, Algoritma SMART, Prestasi
Tegus Justnawan - Personal Name
005 JUS a
000
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Tegus Justnawan. (2020).Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Seleksi Penerimaan Siswa Baru Jalur Prestasi Menggunakan Metode Simple Multi Atribute Rating Technique Berbasis Web (Studi Kasus: SMKN Situraja).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd