Anjar Tri Laksana; " />
Record Detail Back

XML

Analisa Penerapan Manajemen Routing OSPF (Open Shortest Path First) pada Interkoneksi Pelanggan dengan POP (Point of Presence) dengan Konsep CUG (Closed User Group) Menggnunakan Router Mikrotik (Studi Kasus: PT. Hipernet Indodata)


Pada jaringan interkoneksi POP dan pelanggan PT. Hipernet Indodata dari hasil analisa yang dilakukan secara observasi dan implementasi ditemukan beberapa masalah yang terjadi salah satunya adalah menjaga kualitas SLA (Service Level Aggrement) terhadap pelanggan, keamanan transaksi data dan meminimalisir downtime di POP (Point of Presence) dan koneksi pelanggan dengan menggunakan kombinasi routing OSPF dan EoIP Tunnel, sehingga apabila lastmile pada salah satu POP(Point of Presence) down POP lainnya bisa melakukan backup koneksi pelanggan. Terutama pada pelanggan yang membutuhkan interkoneksi dengan banyak cabang akan menjadi lebih maksimal dan aman dengan dibuatnya parameter script routing OSPF dan EoIP Tunnel sebagai system failover dan tunnelling. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dan model NDLC (Network Development Life Cycle) yang dimulai dari tahap analisis, desain, simulasi, implementasi, monitoring , dan manajemen. Adapun tahapan-tahapan dalam proses implementasi seperti membangun serta konfigurasi router MikroTik, serta melakukan pengujian dengan ping, traceroute, capture packet.
Anjar Tri Laksana - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Anjar Tri Laksana. (2019).Analisa Penerapan Manajemen Routing OSPF (Open Shortest Path First) pada Interkoneksi Pelanggan dengan POP (Point of Presence) dengan Konsep CUG (Closed User Group) Menggnunakan Router Mikrotik (Studi Kasus: PT. Hipernet Indodata).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd