Arief Yuniarto; " />
Record Detail Back

XML

Sistem Training Needs Analysis dengan Decision Support System (DSS) Menggunakan Metode Weighted Sum Model (WSM) dalam Sistem HRIS RS. Lira Medika (Studi Kasus: Rs. Lira Medika)


Pengelolaan sumber daya manusia di suatu perusahaan sangat penting bagi berlangsung nya kegiatan produktivitasi kerja. Pelatihan merupakan salah satu program kerja bagi divisi sumber daya manusia untuk mengembangkan potensi atau memperbaiki kinerja seorang karyawan. Terkadang pelatihan yang diberikan tidak sesuai dengan permasalahan karyawan. Diperlukan kegiatan analisis pelatihan yang disebut “Training Needs Analysis” agar pelatihan tepat sasaran. Manager HRD selaku pemberi keputusan approval pelatihan merasa kesulitan untuk menentukan karyawan tersebut berhak mengikuti pelatihan atau tidak jika memang karyawan tersebut membutuhkan pelatihan. Kendala lainnya terjadi ketika akan melaksanakan pelatihan dan sesudah pelaksanaan pelatihan, seperti sulitnya monitoring pelaksanaan pelatihan yang tepat waktu dan sulit melakukan rekapitulasi data atau mencari informasi pelatihan yang sudah dilakukan atau akan dilakukan. Dewasa ini teknologi IT dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan berbagai masalah dikehidupan sehari-hari. Pemanfaatan teknologi infromasi dapat membantu penyelenggaraan pelatihan. Pembuatan saran agar memudahkan HRD untuk menentukan karyawan tersebut berhak mengikuti pelatihan. Saran/suggestion tersebut dibuat menggunakan konsep AI (Artificial Intelegent) dimana sistem dapat menentukan secara otomatis persentase kelayakan karyawan untuk mengikuti pelatihan berdasarkan data yang ada. Metode yang digunakan untuk membuat suggestion tersebut adalah Weighted Sum Model (WSM), yaitu pembobotan suatu kriteria terhadap data yang akan dihitung. Dengan dibuatnya sistem Training Needs Analysisi ini diharapkan mampu membuat proses kegiatan pelatihan berjalan lebih baik dan menyelesaikan permasalahan HRD untuk memantau dan merekap data pelatihan.
Arief Yuniarto - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Arief Yuniarto. (2019).Sistem Training Needs Analysis dengan Decision Support System (DSS) Menggunakan Metode Weighted Sum Model (WSM) dalam Sistem HRIS RS. Lira Medika (Studi Kasus: Rs. Lira Medika).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd