FEISEL ARDA; " />
Record Detail Back

XML

PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PERSEDIAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY TIME SERIES DALAM MENGANALISA SALES FORECASTING (STUDI KASUS CV.SINAR TERANG)


Proses penjualan memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan. Jumlah penjualan dan banyaknya permintaan sangat mempengaruhi terhadap persediaan stok barang di dalam gudang. Saat ini proses pengadaan barang masih mengikuti intuisi seorang petugas gudang terhadap penjualan produk,sehingga permintaan konsumen tidak dapat terpenuhi. Namun jika penjualan pada bulan berikutnya kurang dari pada intuisi manager gudang maka akan mengalami kendala dengan tempat penyimpanan. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan model pengembangan sistem Rational Unified Process.Peramalan atau prediksi penjualan dan persediaan dapat memperkirakan jumlah stok barang untuk bulan berikutnya sesuai dengan hasil prediksi yang dilakukan. Fuzzy Time Series adalah salah satu metode peramalan berbasis artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang dapat diaplikasikan pada sistem untuk melakukan sebuah peramalan terhadap sales forecasting pada perusahaan CV. Sinar Terang. Diharapkan sistem yang dibuat ini dapat memudahkan pihak perusaahan dalam mengelola data penjualan dan persediaan barang, serta dapat meramalkan penjualan dengan baik untuk masa mendatang.
Kata kunci: Sistem Informasi, Persediaan, Penjualan, Peramalan, Fuzzy Time Series, Sales Forecasting

FEISEL ARDA - Personal Name
005 ARD p
000
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
FEISEL ARDA. (2019).PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PERSEDIAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY TIME SERIES DALAM MENGANALISA SALES FORECASTING (STUDI KASUS CV.SINAR TERANG).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd