SULTHON SYAHRUL ROJAB; " />
Record Detail Back

XML

IMPLEMENTASI PARENTAL CONTROL UNTUK MENCEGAH BERMAIN GAME ONLINE MENGGUNAKAN ROUTER MIKROTIK (Studi Kasus : SMAN 18 Bandung)


Jaringan komputer yang ada pada SMAN 18 Bandung sudah dimanajemen dengan baik, namun ada beberapa hal yang belum diperhatikan dan diimplementasikan, yaitu sistem parental control. Fasilitas internet di SMAN 18 Bandung ini, masih dapat diakses bebas oleh siswa. Maraknya game online saat ini membuat siswa di dalam menggunakan fasilitas jaringan internet di sekolah lebih banyak mengakses game online dibandingkan mengkases bahan untuk media belajar. Pada penelitian ini metode observasi untuk mendapatkan data dengan melakukan pengamatan langsung, untuk dapat mengetahui game apa saja yang sering siswa mainkan, dengan melakukan survey pada kelas XII IPA-6, hasil yang didapat beruba jenis game apa saja yang dimainkan, dan game tersebut akan dibuat untuk tidak dapat diakses. Sistem parental control untuk mencegah jaringan supaya tidak dapat dimainkan game online menggunakan router mikrotik. Untuk mempermudah konfigurasi mikrotik menggunaknan perangkat lunak winbox, parental control ini menggunakan firewall, filter rule pada mikrotik. Sehingga jaringan akan bisa dikontrol dengan baik, pemblokiran game pada jaringan sekolah juga akan disesuaikan dengan waktu sekolah, supaya pemblokiran game ini tidak seluruhnya tidak dapat diakses, melainkan pada waktu yang ditentukan game tetap dapat diakses.

Kata kunci: Jaringan komputer, Mikrotik, Winbox, Firewall, Filter Rule, Game
SULTHON SYAHRUL ROJAB - Personal Name
005 ROJ i
000
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
SULTHON SYAHRUL ROJAB. (2019).IMPLEMENTASI PARENTAL CONTROL UNTUK MENCEGAH BERMAIN GAME ONLINE MENGGUNAKAN ROUTER MIKROTIK (Studi Kasus : SMAN 18 Bandung).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd