Krisnadi Satrio Wisnumoyo; " />
Record Detail Back

XML

Pengujian Pengaruh Penambahan Zeolite Pada Perkerasan Lapisan AUS / Wearing Course


“Pengujian Pengaruh Penambahan Zeolite Pada Perkerasan Lapisan Aus / Wearing Course”, Krisnadi Satrio Wisnumoyo dan Sandi Suandi, 41155020140021 dan 41155020140006, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Langlangbuana.
Penyebab kerusakan jalan banyak di akibatkan oleh beban kendaraan yang melintas melebihi dari beban kendaraan yang direncanakan, dan kondisi temperature yang sangat sulit untuk dipertahankan pada waktu dilakukan pembangunan jalan.
Untuk mengatasi hal itu, alternatif yang dilakukan adalah dengan memberikan bahan tambah atau bahan ganti guna meningkatkan ku alitas campuran aspal tanpa mengabaikan nilai ekonomisnya. Zeolite adalah alternatif bahan yang dijadikan sebagai bahan penggan ti pada campuran aspal karena memiliki sifat hampir sama seperti semen . Pada penelitian ini menggunakan motode eksperimen dengan total benda uji 43 benda uji. Campuran aspal dengan tambahan zeolite digunakan 6 persentase.
Pada pengujian marshal sempel yang menggunakan bahan tambah zeolite hampir semua mengalami peningkatan dan didapatkan hasil campuran aspal zeolite yang paling baik ada di angka penambahan zeolite 1,8 %, dapat dilihat dari nilai density, stability, VIM, VFB, VMA, Flow, dan MQ.

Kata Kunci : Lapisan Aus Wearing Course, Kadar Aspal Optimum (KAO), Zat Adiktif, Zeolite, Marshall Test.

Krisnadi Satrio Wisnumoyo - Personal Name
Sandi Suandi - Personal Name
108 624 SUA p
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Krisnadi Satrio Wisnumoyo. (2020).Pengujian Pengaruh Penambahan Zeolite Pada Perkerasan Lapisan AUS / Wearing Course.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd