Trias Dewi Arimbi; " />
Record Detail Back

XML

Pengaruh Penambahan Zeolite Terhadap Beton Bangunan Laut Ditinjau Dari Kuat Tekan Dan Permeabilitas Guna Meningkatkan Durabilitas Beton


Trias Dewi Arimbi (41155020140030) dan Moch.Dea Ikval Utama (41155020140036) “Pengaruh Penambahan Zeolit Terhadap Beton Bangunan Laut Ditinjau Dari Kuat Tekan Dan Permeabilitas Guna Meningkatkan Durabilitas Beton” Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Langlangbuana.
Beton menjadi pilihan utama bahan bangunan yang digunakan diwilayah pesisir pantai dibandingkan dengan baja yang memiliki sifat korosif. Akan tetapi tidak dapat diabaikan bahwa beton dapat mengalami kerusakan akibat adanya pengaruh lingkungan agresif dari daerah pantai dan laut yang kandungan klorida dan sulfatnya tinggi. Hal tersebut dapat menurunkan kinerja bahkan merusak beton itu sendiri. Untuk mengatasi hal itu, alternatif yang dilakukan adalah dengan memberikan bahan tambah atau bahan ganti mineral zeolite guna meningkatkan kualitas dan meminimalisir kerusakan beton yang ditinjau dari kuat tekan dan permeabilitas beton.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan total benda uji 27 sampel. Benda uji terdiri dari 18 sampel silinder beton dengan Ø 15 cm dan tinggi 30 cm untuk uji kuat tekan, dan 9 sampel kubus dengan ukuran 20x20x12 cm untuk uji permeabilitas beton. Digunakan 3 variasi penggunaan zeolite yaitu beton dengan kadar zeolite 0%, 15%, dan 25% dari berat semen. Mutu beton yang direncanakan adalah fc’ = 35 MPa pada umur 36 hari.
Pada pengujian kuat tekan pada variasi bahan tambah zeolite mengalami peningkatan mutu setiap pertumbuhan umurnya. Dari hasil pengujian kuat tekan menunjukan bahwa beton dengan variasi bahan tambah zeolite 0% (beton normal) menunjukan nilai paling baik dibandingkan variasi lainnya. Pada umur 36 hari beton dengan bahan zeolite 0% memiliki nilai kuat tekan sebesar 39.31 MPa, beton dengan bahan tambah zeolite 15% memiliki nilai kuat tekan sebesar 38.65 MPa, dan beton dengan bahan pengganti zeolite 25% memiliki nilai kuat tekan sebesar 28.23 MPa. Sedangkan pada pengujian permeabilitas beton normal memiliki nilai lebih kecil dari beton bahan tambah zeolite, namun masih sesuai dengan spesifikasi yang di tentukan yaitu tidak lebih dari 5 cm. Beton normal memiliki nilai permeabilitas 1.73 cm, beton zeolite 15% memiliki nilai 2.17 cm, dan beton zeolite 25% memiliki nilai 2.77 cm.

Kata kunci : Bahan tambah zeolite, kuat tekan dan permeabilitas.
Trias Dewi Arimbi - Personal Name
Moch. Dea Ikval Utama - Personal Name
110 624 UTA p
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Trias Dewi Arimbi. (2020).Pengaruh Penambahan Zeolite Terhadap Beton Bangunan Laut Ditinjau Dari Kuat Tekan Dan Permeabilitas Guna Meningkatkan Durabilitas Beton.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd