Dede Rianto; " />
Record Detail Back

XML

Usulan Pengendalian Kualitas Untuk Menghilangkan Cacat Produk Garmen Di PT. XYZ Dengan Metode SIX Sigma


Dalam situasi persaingan global yang semakin kompetitif, persoalan kualitas produk menjadi isu sentral bagi setiap perusahaan. Kemampuan perusahaan untuk menyediakan produk yang berkualitas akan menjadi senjata untuk memenangkan persaingan, karena dengan memberikan produk yang kualitas kepuasan konsumen akan tercapai. Oleh karena itu perhatian terhadap suatu kualitas produk dapat memberikan dampak positif kepada perusahaan itu sendiri, kondisi ini mengharuskan suatu perusahaan harus mengolah seluruh sumberdaya yang dimiliki secara optimal dan melakukan perbaikan-perbaikan secara intensif terhadap sistem kerja yang ada secara efektif dan efesien.


Penelitian ini dilakukan di PT. XYZ. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas produk Polo Shirt karena masih tingginya tingkat kecacatan pada produksi Polo Shirt, dimana pengkontrolan kualitas masih ditekankan pada produk akhir yang dilakukan secara manual dan belum di lengkapi dengan metode dalam mengelola kualitas, sehingga perlu dilakukan suatu metode yang dapat digunakan untuk pengendalian proses dan kualitas produk.

Penelitian ini menggunakan metode six sigma yang bertujuan untuk mengindentifikasi segala jenis cacat yang ada dalam produk kemeja, mencari penyebab terhadap kecacatan yang terjadi dalam produk Polo Shirt,. Dan dapat dijadikan ukuran kinerja sistem industri yang memungkinkan melakukan peningkatan kualitas yang luar biasa dengan trobosan setrategi yang aktual. Tahapan dari implementasi six sigma adalah define, measure, analyze, improve dan control (DMAIC).

Dari penelitian yang dilakukan di PT. XYZ dengan menggunakan metode six sigma dapat diketahui per periode bulan April sampai dengan bulan Juni 2016 level sigma per kriteria adalah untuk workmanship = 3,8; untuk materialfabric = 4,5; Embroidery/Printing = 4,5: Finishing = 4,6; Cleanless = 3,9, sehingga kondisi perusahaan pada saat sekarang rata-rata pada level sigma 3 sampai 4,6. Setelah menganalisis faktor penyebab cacat menggunakan fishbone yang terdiri dari faktor mesin, material, metode, manusia maka usulan perbaikan kepada perusahaan diharapkan perusahaan dapat mengetahui penyebab kecacatan serta mampu melakukan tindakan perbaikan yang lebih baik.


Kata kunci : Six Sigma, Pengendalian Kualitas, Seven QC Tools



Dede Rianto - Personal Name
32 658 RIA u
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2016
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Dede Rianto. (2016).Usulan Pengendalian Kualitas Untuk Menghilangkan Cacat Produk Garmen Di PT. XYZ Dengan Metode SIX Sigma.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd