Moch. Affan Effendi; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Penerapan Program Keselamatan Dan Kecelakaan Kerja Dengan FTA (Fault Tree Analisys) Dan FMEA (Failure Mode Effect And Analisys)


Moch. Affan Effendi, NPM 41155010120038, Analisis Penerapan Program Keselamatan dan Kecelakaan Kerja Dengan FTA dan FMEA. Skripsi Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Langlangbuana, Agustus 2016.
AHASS TIO MOTOR merupakan salah satu industri perbengkelan yang telah memiliki divisi EHS (Environment, Health and Safety) semenjak 2010, meskipun begitu masih saja terjadi kecelakaan kerja. Faktanya bahwa telah terjadi 30 kecelakaan kerja di AHASS TIO MOTOR semenjak tahun 2011 sampai dengan 2013. Kekurangan dari sistem yang sudah ada adalah setiap perbaikan yang muncul dari hasil investigasi hanya diterapkan pada penanganan kasus tersebut bukan untuk di semua departemen kerja sehingga kasus kecelakaan kerja serupa akan muncul kembali cukup besar. Selain itu adanya kekurangan dalam laporan investigasi yakni belum memiliki tingkat keparahan atau dampak dari kecelakaan kerja serta belum diketahui sejauh apa tingkat alat kontrol yang sudah dimiliki perusahaan dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan program keselamatan kerja dengan FTA dan FMEA.

Metodologi penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi kejadian kecelakaan kerja berdasarkan kasus, penyebab dan akibat kemudian mengkategorikan kasus kecelakaan tersebut. Ada 12 kategori kecelakaan kerja, yang kemudian digunakan sebagai failure mode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk menentukan prioritas penanganan. FMEA berfungsi untuk mengetahui nilai Risk Prioruty Number (RPN) tertinggi dari failure mode yang ada.

Hasil dari penelitian diketahui bahwa 1 kategori kecelakaan kerja dengan nilai RPN tertinggi adalah kategori terpeleset, tersandung, dan jatuh pada lantai datar dengan penyebab utama kontrol manajemen yang tidak maksimal. Nilai RPNnya sebesar 540. Dengan demikian dapat menjadi target penanganan oleh manajemen K3 di AHASS TIO MOTOR.

Kata Kunci : kategori kecelakaan kerja, failure mode and effect analysis, risk priority number

Moch. Affan Effendi - Personal Name
44 658 EFF a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2016
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Moch. Affan Effendi. (2016).Analisis Penerapan Program Keselamatan Dan Kecelakaan Kerja Dengan FTA (Fault Tree Analisys) Dan FMEA (Failure Mode Effect And Analisys).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd