Mochammad Adi Nugraha; " />
Record Detail Back

XML

Analisa Beban Kerja Dalam Penentuan Jumlah Pegawai Di Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat (Studi Kasus : Seksi Perlindungan Konsumen Dan Pengawasan)


Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat merrupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah di Pemerintahan Provinsi Jawa Barat yang menangani urusan Perindustrian dan Perdagangan di wilayah kerja Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari 19 Kabupaten dan 8 Kota, dengan adanya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana dalam lampirannya mengamanatkan mengenai pembagian urusan yang didalamnya membagi urusan pengawasan barang beredar dan/atau jasa, dimana Provinsi mendapatkan porsi penuh untuk melaksanakan pengawasan di seluruh kabupaten / Kota di wilayahnya, perencanaan harus dikejar dalam rangka memenuhi amanat undang-undang dan untuk menghindari kekosongan pelayanan public serta pelaksanaan substansi kegiatan, salah satunya adalah perencanaan kebutuhan pegawai yang sudah harus terisi dalam Analisa Beban Kerja yang diamanatkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara, pengisian yang benar-benar objektif dan terperinci dibutuhkan untuk dapat menentukan secara tepat jumlah kebutuhan pegawai ini.
Supaya permasalahan tidak meluas, maka cakupan permasalahannya dibatasi dan hanya dilakukan penelitian di Seksi Perlindungan Konsumen dan Pengawasan saja, dikarenakan Jabatan Petugas Pengawas Barang Beredar dan/atau Jasa hanya berlaku apabila dalam wadah Pengawasan. Data hasil pekerjaan yang digunakan adalah sepanjang Tahun 2015 dari mulai bulan Januari sampai bulan Desember 2015, sedangkan rencana kebutuhan pegawai dilakukan untuk 1 (satu) tahun yang akan datang, dikarenakan untuk Analisa Beban Kerja dilaksanakan setiap Tahun.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas, maka dilakukan beberapa tahapan. Tahap pertama adalah melakukan pengukuran waktu dengan metode Work Sampling melalui beberapa pengujian, yaitu uji keseragaman data, uji kecukupan data, perhitungan waktu siklus, penentuan Rating Factor, perhitungan waktu normal, penentuan allowance, dan perhitungan waktu baku. Selanjutnya adalah melakukan perhitungan kebutuhan tenaga kerja menggunakan formula dalam Analisa Beban Kerja sesuai dengan Perka BKN Nomor 19 Tahun 2011. Kemudian yang terakhir melakukan perhitungan perencanaan kebutuhan tenaga kerja tahun mendatang dengan menggunakan rasio anggaran tahun berjalan dalam hal ini selama pengamatan.


Kata Kunci : Analisa Beban Kerja, Work Sampling, Kebutuhan Tenaga Kerja, Rasio Anggaran

Mochammad Adi Nugraha - Personal Name
33 658 NUG a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2016
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Mochammad Adi Nugraha. (2016).Analisa Beban Kerja Dalam Penentuan Jumlah Pegawai Di Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat (Studi Kasus : Seksi Perlindungan Konsumen Dan Pengawasan).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd