Gunawan Satria Nugraha; " />
Record Detail Back

XML

Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Perusahaan Pada PT. Tirta Utama Abadi


Sistem penjualan merupakan salah satu aspek penting dalam perusahaan. Kegiatan penjualan dan pemasaran merupakan ujung tombak perusahaan. Sistem target dalam penjualan merupakan keharusan. Strategi dalam penjualan harus punya kiat- kiat khusus, baik itu dari segi kualitas maupun kuantitas barang yang di jual, sistem pengadaan barang, stock barang yang harus selalu tersedia. Sedangkan untuk keluar kita harus tahu strategi berkompetisi dengan perusahaan lain pada jenis barang yang sama, sehingga kita akan lebih unggul dalam pemasaran barang tersebut.
PT Tirta Utama Abadi adalah salah satu perusahaan atau distributor yang bergerak dalam bidang penjualan air mineral dalam kemasan, produk yang dijual antara lain Mizone, Aqua, levite, le minerale, dan lain lain. Dalam memasarkan produknya, PT Tirta Utama Abadi menghadapi persaingan yang cukup ketat, khususnya dari perusahaan-perusahaan besar. Tetapi dilihat dari fakta yang ada PT Tirta Utama Abadi mengalami penurunan penjualan di tahun 2015, dimana adanya persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu PT Tirta Utama Abadi perlu merancang suatu strategi pemasaran agar penurunan penjualan tidak terulang kembali dimasa yang akan datang dan PT Tirta Utama Abadi bisa terus bertahan dalam persaingan.
Model pemecahan masalah yang digunakan dalam pengerjaan tugas akhir ini adalah analisis ETOP dan SAP, yang digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman serta kondisi yang sedang dialami oleh perusahaan. Selanjutnya juga akan dilakukan perumusan strategi yang dapat digunakan oleh PT. Tirta Utama Abadi dalam mengatasi kondisi pada saat ini, dengan menggunakan analisis SWOT. Tujuannya agar bisa melihat kelebihan dan kekurangan perusahaan. Juga bisa melihat peluang dan ancaman, baik dari dalam maupun dari luar lingkungan perusahaan. Berdasarkan analisis SWOT, maka diperoleh usulan strategi alternatif pemasaran untuk perusahaan, yaitu : Meningkatkan market share dengan cara pemasaran aktif, Meningkatkan kualitas pelayanan dan tidak terpaku pada pelanggan tetap saja, Melakukan dan merancang strategi yang kompetitif, Membangun hubungan baik dengan konsumen.


Kata kunci : Penjualan, analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Analsis ETOP, Analisis SAP

Gunawan Satria Nugraha - Personal Name
38 658 NUG a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2016
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Gunawan Satria Nugraha. (2016).Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Perusahaan Pada PT. Tirta Utama Abadi.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd