Revy Wiria Mukti; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Postur Kerja Pegawai Pada Proses Pencampuran Di PT. X Menggunakan Metode Rula & Reba


Penelitian ini dilakukan di PT.X yang dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan pegawai tentang kondisi kerja yang kurang nyaman karena kurangnya alat bantu kerja pada perusahaan sehingga pegawai sering mengalami keluhan kerja dan kesalahan kerja seperti sakit pinggang, mudah lelah, juga terjadi human error. Keluhan-keluhan yang terjadi di PT. X ini sangat berkaitan dengan penerapan sistem ergonomi diperusahaan. Penerapan ergonomi ini dilakukan untuk mendukung dan membantu perusahaan dalam meminimalisir segala bentuk resiko cidera otot dan masalah kenyamanan kerja yang sedang terjadi atau yang akan terjadi terhadap karyawan yang bekarja di perusahaan. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menganalisis postur kerja misalnya menggunakan RULA (Rappid Upper Limb Asessment) atau REBA (Rapied Entire Body Assisment).

Dari hasil analisis, dapat diketahui bahwa beban kerja pegawai yang paling berat diterima oleh pegawai yaitu saat pemindahan tong coco dan proses pemindahan coco ke mesin pencampuran karena pada proses tersebut pegawai membawa beban yang sangat berat dan berulang-ulang sehingga beban kerja yang diterima oleh pegawai sangat besar. Untuk membantu mengatasi masalah diatas, maka penambahan alat-alat bantu kerja untuk pegawai seperti sarung tangan sangat diperlukan karena pada saat pemindahan tong coco, tong ada pada keadaan panas. Alat bantu selanjutnya yaitu troli untuk pemindahan tong coco karena beban tong coco yang terlalu berat. Lalu alat bantu lainnya yang dapat mempermudah pegawai dalam bekerja seperti kran pada tong coco dan ember pada proses pembuatan air resep.

Kata kunci : Postur Kerja, RULA (Rappid Upper Limb Asessment), REBA (Rapied Entire Body Assisment).


Revy Wiria Mukti - Personal Name
117 658 MUK a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Revy Wiria Mukti. (2020).Analisis Postur Kerja Pegawai Pada Proses Pencampuran Di PT. X Menggunakan Metode Rula & Reba.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd