Ade Bambang Juanto; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Postur Kerja Pada Bagian Penyaringan Tahu di Home Industry Produksi Tahu Kabupaten Cianjur


Industri kecil Pak Wandi merupakan industri rumahan yang memproduksi tahu yang sudah beroperasi pada tahun 2019 hingga sekarang yang terletak di Kabupaten Cianjur dan memiliki 3 orang pekerja. Proses produksi tahu terdiri dari tahapan pencucian, penggilingan, perebusan, penyaringan, pembentukan, dan pemotongan. Pada saat proses pembuatan tahu terdapat beberapa pekerja yang mengalami keluhan sakit pada bagian tubuh.
Penelitian ini dimulai dengan pengambilan data kuesioner Nordic Body Map yang menghasilkan bagian tubuh pekerja yang terasa sakit. Kemudian data kuesioner tersebut akan diolah bersamaan dengan metode RULA & REBA yang didapatkan dari hasil pengamatan suatu pekerjaannya. Dari data kuesioner yang telah disebarkan bagian penyaringan tahu yang memiliki keluhan sakit yang tinggi.
Berdasarkan analisis postur kerja pada bagian penyaringan terdapat skor akhir RULA adalah 7 dengan level action tinggi, berdasarkan skor tersebut perlu tindakan perubahan diperlukan saat ini juga. Dan untuk skor akhir REBA adalah 10 dengan level action 3 menunjukan perlu perbaikan secepatnya. Penelitian ini bertujuan merancang kembali sistem kerja yang ergonomis pada produksi penyaringan.

Kata Kunci : Postur kerja, Nordic Body Map, RULA, REBA, dan Perancangan alat kerja.
Ade Bambang Juanto - Personal Name
118 658 JUA a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Ade Bambang Juanto. (2020).Analisis Postur Kerja Pada Bagian Penyaringan Tahu di Home Industry Produksi Tahu Kabupaten Cianjur.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd