Hidayat; " />
Record Detail Back

XML

Perancangan Bandung Creative Center dalam Konteks Arsitektur Kontemporer


Kota Bandung cukup terkenal karena kreatif para warganya khususnya para pemudanya dari kalangan pelaku industri kreatif dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang desain dan seni. UNESCO mengumumkan Kota Bandung tercatat sebagai salah satu dalam jaringan kota kreatif UNESCO (Creative Cities Network) dalam bidang Desain pada tahun 2015. Dari penghargaan inilah mendorong Pemkot Bandung merealisasikan program itu. Walikota Bandung saat itu (Ridwan Kamil) mendapatkan sebuah ide untuk membuat sebuah bangunan yang isinya berfungsi untuk menampung berbagai kreativitas para warga khususnya pelaku industri kreatif di Kota Bandung. Bandung Creative Center (BCC) adalah sebuah laboratorium untuk berbagai sektor industri kreatif di Kota Bandung. Fasilitas publik dari pemerintah yang mewadahi kepentingan dan kebutuhan (Pelaku) industri kreatif di Kota Bandung. Dengan tema Arsitektur Kontemporer bangunan ini diharapkan menjadi bangunan ikonik yang berbeda dari yang lainnya yang membuat kebanggaan bagi Kota Bandung.

Dari uraian diatas maka haruslah dibangun sebuah bangunan yang representatif yang dapat menampung banyaknya ide-ide kreatif yang didapati oleh pelaku industri kreatif Kota Bandung ini guna memajukan dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di Kota Bandung. Tidak adanya tempat khusus untuk berkreativitas, Pemasaran produk dan aktivitas yang belum berkelanjutan, Terbatasnya akses kredit, Belum memiliki akses yang luas ke pasar internasional, Keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang mumpuni. Bagaimana merancang Gedung BCC yang refresentatif yang dapat mewadahi berbagai kreativitas para warga khususnya pelaku industri kreatif di Kota Bandung dan mengaplikasikan Langgam Arsitektur Kontemporer pada Gedung BCC tersebut. Merancang dengan karaktreristik, langgam yang diterapkan pada bangunan, fungsi dari setiap ruangan, besaran ruang setiap ruangan yang ada di Gedung BCC ini.

Kata Kunci : Bandung, Center, Creative, Kontemporer, Kota.


Hidayat - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
2019
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Hidayat. (2019).Perancangan Bandung Creative Center dalam Konteks Arsitektur Kontemporer.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd